Korea Utara Dilaporkan Lakukan Parade Militer Pada Larut Malam

Korea Utara (Korut) tampaknya telah menggelar parade militer di Pyongyang pada dini hari Kamis 9 September 2021. Kabar ini dilaporkan kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

Menurut Yonhap, Kamis 9 September Seoul masih berusaha untuk mengonfirmasi acara tersebut.

Sumber Yonhap hanya mengatakan bahwa ada “tanda-tanda” parade berlangsung setelah tengah malam dan tidak dapat memberikan rincian tambahan. Mereka tidak menyebutkan apakah pemimpin Kim Jong-un hadir atau jika Pyongyang meluncurkan perangkat keras militer baru.

“Militer (Korea Selatan) sedang menganalisis tanda-tanda itu,” kata sumber itu kepada Yonhap.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan tidak segera membalas permintaan AFP untuk konfirmasi atau komentar.

Sementara Kamis 9 September ini menandai peringatan 73 tahun berdirinya Korea Utara.

Korea Utara terakhir menggelar parade militer pada Januari, beberapa hari sebelum pelantikan Presiden AS Joe Biden. Saat itu Korea Utara memamerkan rudal balistik baru yang diluncurkan dari kapal selam.

Pyongyang berada di bawah serangkaian sanksi internasional atas senjata nuklir dan program rudal balistiknya yang dilarang.

Pada saat yang sama, ia berada di bawah blokade virus korona yang dipaksakan sendiri, setelah menutup perbatasannya untuk melindungi dari virus yang pertama kali muncul di negara tetangga Tiongkok. Kondisi itu menambah tekanan pada ekonominya yang hampir mati.

Bulan lalu, badan atom PBB (IAEA) mengatakan Korea Utara yang bersenjata nuklir tampaknya telah memulai reaktor pemrosesan ulang penghasil plutonium di Yongbyon. IAEA menilai hal tersebut sebagai perkembangan yang ‘sangat meresahkan’.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *