Menlu RI Bertemu Delegasi Ukraina Bahas Situasi Agresi Rusia

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Emine Dzhaparova, di Doha, Qatar, pada Senin (28/3).

Mereka membahas situasi di negara itu, mengingat agresi Rusia yang masih berlangsung.

“Fokus bahasan lebih kepada situasi kemanusiaan di Ukraina yang memang sangat mengkhawatirkan,” ujar Retno dalam pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (29/3).

Ia kemudian menegaskan, “Jika perang terus berlanjut sudah dapat dipastikan situasi kemanusiaan akan semakin memburuk.”

Melihat kondisi yang semakin mendesak, Indonesia akan mempertimbangkan memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Ukraina.

Perang yang masih berkecamuk di Eropa Timur itu mengkhawatirkan dan berdampak bagi banyak negara, termasuk Indonesia. Retno menilai situasi itu akan mempengaruhi presidensi G20.

“Semua orang paham bahwa situasi di Ukraina membawa dampak yang sangat besar bagi semua negara, bagi semua kegiatan yang dilakukan semua negara dunia, termasuk G20,” ujar Retno.

Sejumlah pihak menyebut presidensi Indonesia dalam G20 diuji di tengah konflik Rusia-Ukraina. Ada pula yang menyebut ini momen yang tepat agar RI bisa turut berperan mendamaikan kedua negara ini.

Ukraina masih berada dalam gempuran Rusia sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan invasi pada 24 Februari lalu.

Sejak saat itu ledakan dan pertempuran terus terjadi. Korban tewas pun terus berjatuhan.

Menurut catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) korban tewas sejak invasi mencapai setidaknya 1.119 warga, dan 1,790 terluka.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *