Ed Asner, Pengisi Suara Kakek di Film Up Meninggal Dunia

Aktor Ed Asner yang mengisi suara karakter Carl Fredricksen dalam film animasi Up (2009) meninggal dunia di usia 91 tahun pada Minggu (29/8) waktu AS.

Kabar duka tersebut disampaikan melalui kicauan akun Twitter resmi Asner yang bernama @TheOnlyEdAsner. Kicauan itu diunggah anggota keluarganya pada Senin (30/8).

“Kami sedih mengatakan bahwa ayah tercinta kami meninggal pagi ini dengan damai. Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kesedihan yang kami rasakan,” penggalan kicauan kabar duka.

Pria yang memiliki nama lengkap Eddie Asner ini lahir di Kansas, Amerika Serikat, pada 15 November 1929. Ia menekuni karier dunia seni peran sejak 1950 silam.

Film The Murder Men (1961) dan serial Studio One (1957) tercatat sebagai film serta serial yang ia bintangi pada awal kariernya. Kualitas aktingnya yang tidak diragukan lagi membuatnya berhasil membintangi banyak film dan serial.

Dari sekian banyak film, Up menjadi salah satu film yang identik dengan Asner. Salah satu karakter utama bernama Fredricksen terasa sangat hidup berkat kemampuannya mengisi suara.

Sepanjang karier berakting, Asner banyak meraih penghargaan bergengsi atas serial dan film yang ia bintangi. Ia tercatat berhasil meraih tujuh penghargaan dari Primetime Emmy Awards.

Sebanyak tiga penghargaan Primetime Emmy Awards diraih lewat sitkom The Mary Tyler Moore Show (1970). Kemudian dua penghargaan lewat serial Lou Grant (1977) dan satu penghargaan lewat serial Rich Man, Poor Man (1976) serta Roots (1976).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *