Fed Klaim Dolar Digital Berikan Banyak Manfaat

Gubernur Federal Reserve Lael Brainard mengatakan cryptocurrency yang didukung oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) dapat memberikan berbagai manfaat. Pernyataan tersebut ditekankan terkait dolar digital, di tengah berkembangnya mata uang digital di dunia.

“Memberikan layanan keuangan kepada hampir satu dari lima orang Amerika yang dianggap tidak memiliki rekening bank adalah salah satu keuntungan,” kata Brainard, dilansir dari CNBC International, Senin, 31 Mei 2021.

Dia juga mengutip keamanan sistem yang didukung Fed, peningkatan efisiensi, dan pembayaran lintas batas, atau transaksi antara orang-orang di berbagai negara. Sambil menekankan pentingnya maju dengan hati-hati, ia mengatakan, pandemi memperkuat kebutuhan akan sistem di mana sebagian besar masyarakat memiliki akses ke uang digital yang diatur dengan baik.

“Federal Reserve tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses ke alat pembayaran yang aman, andal, dan terjamin, termasuk uang tunai,” ucapnya.

“Sebagai bagian dari komitmen ini, kami harus mengeksplorasi dan mencoba mengantisipasi sejauh mana kebutuhan dan preferensi rumah tangga dan bisnis dapat berpindah lebih jauh ke pembayaran digital dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Komentar tersebut muncul beberapa hari setelah Ketua Fed Jerome Powell mengumumkan bahwa bank sentral AS di musim panas ini akan merilis kertas kerja yang membahas berbagai masalah yang melibatkan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC).

The Fed Boston dan MIT telah meluncurkan proyek bersama di mana mereka akan membuat model hipotesis, dan beberapa distrik Fed lainnya juga terlibat dengan penelitian mereka sendiri.

Pada dasarnya, pengembangan CBDC akan memberi konsumen akses yang lebih luas ke mata uang elektronik, yang telah dipopulerkan dengan penggunaan bitcoin dan banyak rekan-rekannya. Bank sentral Tiongkok, misalnya, telah bergerak maju dengan proyeknya sendiri seperti halnya berbagai proyek lainnya di seluruh dunia.

Brainard mengatakan pandemi memberikan contoh betapa pentingnya mengembangkan mata uang yang didukung Fed.

“Ketika Kongres mulai mengirimkan pembayaran keringanan di awal, beberapa individu tidak mendapatkannya selama berminggu-minggu karena mereka tidak memiliki akun atau informasi mereka tidak diperbarui dengan IRS. CBDC akan membantu mendapatkan uang lebih cepat kepada orang-orang itu,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *