PSSI Jadwalkan Liga 1 dan Liga 2 Musim 2021 Mulai Juli, Berikut Rencananya

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 dijadwalkan bergulir mulai Juli mendatang. Keputusan itu diambil dalam Rapat Komite Eksekutif PSSI (Rapat Exco PSSI) pada Senin, 3 Mei 2021.

“Dalam schedule kami, bulan Juli tanggal 3 itu Liga 1 akan bergulir, kemudian ditambah 14 hari setelah itu, maka Liga 2 akan bergulir,” kata Iriawan dalam konferensi pers silaturahmi bersama RANS Cilegon FC secara virtual, Senin malam.

Lebih lanjut, Mochamad Iriawan menjelaskan pihaknya telah mengajukan rekomendasi kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan berkomunikasi dengan Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, juga Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk selanjutnya mengajukan izin secara resmi kepada Kepolisian RI.

“Mohon doakan, yang jelas kami sekuat mungkin untuk melaksanakan apa yang diinginkan negara, rakyat Indonesia, yaitu protokol kesehatan tercipta dalam setiap pertandingan,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Jika sesuai dengan perencanaan, Liga 2 bisa mulai bergulir pada 17 Juli mendatang. “Mudah-mudahan tanggal 17, maka akan semarak semuanya, dan roda persepakbolaan semua akan hidup kembali,” kata dia menambahkan.

Bercermin pada penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang berlangsung pada 21 Maret-25 April lalu, Iriawan mengatakan turnamen itu sukses digelar dengan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat pada setiap pertandingan.

Hal itu, menurut Iriawan, terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kemenpora dan Satgas Covid-19. Semuanya menyatakan bahwa pertandingan berjalan mulus, lancar dan aman.

“Komitmen kami menyampaikan kepada pemerintah dan kepada rakyat bahwa itu dilakukan dengan maksimal dan bisa dilihat bahwa semua dalam kegiatan hampir 35 hari kemarin, semuanya clear, tidak ada permasalahan,” tutur Ketua PSSI.

Iriawan menambahkan semua pemain dalam kompetisi Piala Menpora, termasuk ofisial dan perangkat pertandingan, telah mendapatkan vaksin.

“Dan semua yang masuk ke dalam arena stadion itu sudah swab antigen, 11.000 dari 39 pertandingan yang diswab antigen,” ujar Iriawan.

“Mari kita doakan semoga rekomendasi segera keluar, dan izin akan kita ajukan, dan semoga segera ditandatangani oleh pihak Kepolisian,” kata dia.

Saat ini, izin penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 belum mendapatkan izin dari Kepolisian RI. PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru sedang berupaya mengurus prosesnya untuk bisa memperoleh izin.

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Bola – Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *