Timnas Basket Indonesia Jalani Sisa Kualifikasi Piala Asia di Filipina

Seiring dengan diluncurkan logo resmi Piala Asia Bola Basket Putra 2021 yang akan digelar di Indonesia, Tim Nasional Basket Putra Indonesia akan menempuh tiga pertandingan tersisa untuk kualifikasi kejuaraan ini di Clark City, Filipina, 16-20 Juni mendatang.

Sebagaimana dipetik dari Antara, Jadwal ini merupakan jadwal tunda setelah seharusnya Clark menjadi tuan rumah kualifikasi grup A, B, dan C pada 18-22 Februari lalu. Penundaan dilakukan karena pandemi virus corona (COVID-19) menyebabkan larangan penerbangan yang diterapkan pemerintah Filipina.

Indonesia sendiri saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara grup A yang dihuni Filipina, Korea Selatan, dan Thailand. Indonesia mengoleksi nilai empat, berselisih dua angka dengan Filipina dan memiliki nilai setara dengan Korea Selatan serta Thailand.

Dari tiga pertandingan yang sudah ditempuh, Indonesia kalah menghadapi Filipina dan Korea Selatan serta menang atas Thailand. Pertandingan tersisa adalah laga kedua menghadapi Korea Selatan, Filipina, serta Thailand.

Pun demikian, apapun hasil kualifikasi Indonesia dipastikan lolos ke kejuaraan basket putra terbesar se-Asia tersebut. Piala Asia sendiri akan digelar di Jakarta pada 17-29 Agustus mendatang.

Indonesia juga sudah meluncurkan logo resmi Piala Asia Basket Putra 2021 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Selasa (13/4). Peluncuran itu diresmikan secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

“Saya sangat senang untuk melaksanakan peluncuran logo Piala Asia FIBA 2021. Sebuah logo yang membawa identitas Indonesia yang kuat di dalamnya,” kata Zainudin Amali di sela peluncuran logo resmi Piala Asia Basket Putra 2021.

“Saya sangat percaya bahwa logo Piala Asia FIBA 2021 akan menginspirasi seluruh generasi muda, penggemar bola basket di Indonesia dan di seluruh Asia untuk mendukung event yang luar biasa ini.”

Memilih merah sebagai warna utama, logo Piala Asia mengombinasikan motif batik, elang Jawa, serta ornamen bola dan lapangan di dalamnya. Sebagai motif latar belakang, logo ini dihiasi dengan corak kain songket dari Minangkabau.

“Logo ini mengungkapkan batu lompatan penting sebagai jalan menuju Piala Asia FIBA 2021. Ikon visual ini bercampur dengan sumbangan unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah,” kata Direktur Eksekutif FIBA Asia, Hagop Khajirian.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *