Chelsea vs Porto: Meski Kalah, The Blues Lolos ke Semifinal

Thomas Tuchel boleh berlega dengan lolosnya ke Chelsea ke semifinal Liga Champions 2020-2021. Mendarat ke Chelsea sebagai pengganti Frank Lampard pada Januari lalu, Tuchel membawa klub barunya ke babak empat besar setelah menang agregat atas wakil Portugal, FC Porto.

Berbekal kemenangan 2-0 di leg pertama perempat final pada pekan lalu, The Blues–julukan Chelsea–sebenarnya hanya butuh skor imbang atau kalah satu gol di leg kedua. Sama-sama digelar di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Sevilla, Spanyol, leg kedua pada Selasa (13/4), dimenangi oleh Porto.

Porto menang 1-0 melalui gol Mehdi Taremi namun mereka terlalu lambat untuk bisa memberikan tekanan demi membuka peluang. Bertindak sebagai tim tamu, gol Taremi baru terjadi di menit ke-94.

Sungguhpun datang dari Portugal, Porto menunjukkan keinginan untuk tak menyerah atas kekalahan 0-2 di leg pertama. Buktinya, Sang Naga–julukan Porto–berusaha menguasai pertandingan dengan meraih 53 persen kepemilikan bola berbanding 47 persen yang diraih Chelsea.

Karena tak jua menghasilkan gol, Pelatih Porto, Sergio Conceicao, melakukan perubahan dengan memasukkan Taremi di menit ke-63. Diikuti dengan empat pergantian setelahnya.

Adapun Tuchel hanya memasukkan Hakim Ziyech menggantikan Mason Mount di menit ke-86 dan memasang penyerang kawakan Olivier Giroud menggantikan Kai Havertz di menit ke-90.

Gol yang dinanti akhirnya datang di menit ke-94 melalui tendangan gunting yang dilakukan Taremi. Pemain asal Iran itu melakukannya dengan memanfaatkan umpan pemain pengganti lainnya, Nanu.

Tersisa waktu satu menit tak lagi cukup untuk Porto. Ditambah lagi wasit asal Prancis, Clement Turpin, yang memberikan sepakan bebas untuk Chelsea setelah Mateus Uribe melanggar N’Golo Kante.

Hasil ini membuat The Blues mencapai semifinal Liga Champions ketiga dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya mereka mendarat ke babak empat besar pada 2011-2012 di mana Chelsea berakhir sebagai juara dan kembali ke semifinal pada 2013-2014 namun dikalahkan oleh Atletico Madrid.

Chelsea 0-1 Porto

Leg Kedua Perempat Final Liga Champions 2020-2021
Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla/Selasa, 13 April 2021
Wasit: Clement Turpin
Gol: Mehdi Taremi (94’)

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Antonio Ruediger, Thiago Silva, Cesar Azpilicueta; Ben Chilwell, N’Golo Kante, Jorginho, Reece James; Christian Pulisic, Mason Mount (Hakim Ziyech 86’); Kai Havertz (Olivier Giroud 90’). Pelatih: Thomas Tuchel.

Porto (4-3-3): Agustin Marchesin; Zaidu Sanusi, Pep, Chancel Mbemba, Wilson Manafa (Nanu 75’); Mateus Uribe, Marko Grujic (Mehdi Taremi 63’), Sergio Oliveira (Fabio Vieira 84’); Moussa Marega (Evanilson 75’), Otavio, Jesus Corona (Luis Diaz 75’). Pelatih: Sergio Conceicao.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *