Tiongkok Serukan Kerja Sama Internasional untuk Perdamaian Afghanistan

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyerukan peningkatan kerja sama internasional untuk mendorong proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan. Menurutnya, komunitas global harus lebih berperan aktif demi menyelesaikan konflik berkepanjangan di negara tersebut.

Pernyataan disampaikan Wang saat menghadiri acara Istanbul Process on Afghanistan melalui konferensi video pada Selasa kemarin.

“Proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan tengah berada di persimpangan penting,” kata Wang, dilansir dari laman Xinhua pada Rabu, 31 Maret 2021.

Wang mengatakan, komunitas internasional harus bisa bekerja bersama dalam menjaga momentum dialog damai dan rekonsiliasi di Afghanistan. Ia juga meminta semua pihak untuk meningkatkan dorongan terhadap rekonstruksi dan pembangunan di Afghanistan.

“Komunitas global juga perlu mematuhi arahan umum dalam kerja sama anti-terorisme terkait isu Afghanistan,” ungkap Wang.

Tiongkok, lanjut Wang, akan melakukan yang terbaik untuk mendukung, memediasi, dan memfasilitasi proses perdamaian dan rekonsiliasi antara Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban.

Beijing juga akan melakukan upaya gabungan dengan semua pihak dalam Istanbul Process demi membantu Afghanistan mencapai perdamaian dalam waktu dekat.

Istanbul Process on Afghanistan dibentuk pada 2011 sebagai mekanisme kerja sama regional terkait isu Afghanistan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin melakukan kunjungan mendadak ke Kabul, Afghanistan pada 21 Maret lalu. Kunjungan dilakukan di tengah ketidakpastian mengenai rencana penarikan pasukan AS dari negara tersebut.

Sesuai kesepakatan tahun lalu, pasukan AS diwajibkan untuk mundur dari Afghanistan mulai 1 Mei mendatang.

Austin mengatakan bahwa saat ini level aksi kekerasan di Afghanistan masif relatif tinggi, baik di ibu kota Kabul maupun di sejumlah wilayah lainnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *