Barty ke Semifinal, Berusaha Bertahan di Puncak Ranking Dunia

Petenis ranking satu dunia, Ashleigh Barty, bergerak ke semifinal Miami Terbuka 2021 setelah mengalahkan lawan asal Belarusia, Aryna Sabalenka. Menghadapi Sabalenka, Barty menang dalam pertarungan tiga set dengan skor 6-4, 6(5)-7(7), dan 6-3.

Bertanding di Stadion Hard Rock di Miami, Amerika Serikat, Selasa (31/3) atau Rabu dini hari WIB, Barty memulai set dengan unggul 2-3. Petenis asal Australia tersebut akhirnya menang 6-4 setelah Sabalenka kehilangan dua bola terakhir.

Di set kedua, Sabalenka mengimbangi permainan juara Prancis Terbuka 2019 tersebut melalui tie-break. Atlet ranking delapan dunia tersebut merebut enam dari tujuh angka terakhir di fase tie-break untuk kemenangan 6(5)-7(7).

Sabalenka sempat mengalami cedera pada tubuh bagian atasnya di set penentu. Tampak konsentrasinya terpengaruh oleh hal tersebut, Sabalenka akhirnya kehilangan tiga gim terakhir untuk kekalahan 3-6.

“Aryna benar-benar membuat saya mengeluarkan yang terbaik hari ini,” ucap Barty sebagaimana dipetik dari laman WTA.

“Dia adalah seorang kompetitor yang berbeda dan seseorang yang saya sangat hormati di lapangan. Dia punya permainan yang membuat Anda tidak nyaman jadi ini tentang bagaimana bertahan sebaik yang saya bisa.”

Kemenangan ini juga menandai sepuluh kemenangan beruntun Barty di Miami. Ia datang ke turnamen tersebut dengan status juara bertahan di mana ia merupakan kampiun 2019 karena tahun lalu Miami Terbuka ditiadakan akibat pandemi.

Selain Barty, masih ada tiga pertandingan perempat final yang akan digelar hari ini. Pagi ini, atlet ranking lima dunia asal Ukraina, akan bermain menghadapi lawan asal Latvia ranking 54 dunia, Anastasija Sevastova.

Adapun mantan petenis ranking satu dunia asal Jepang juara Australia Terbuka 2021, Naomi Osaka, bersiap menghadapi lawan asal Yunani, Maria Sakkari. Sedangkan atlet asal Kanada juara Amerika Serikat Terbuka 2019, Bianca Andreescu, akan menghadapi lawan asal Spanyol, Sara Sorribes Tormo.

Miami Terbuka juga akan menentukan perebutan posisi ranking satu dunia. Jika Barty mencapai final, maka ia akan mempertahankan takhtanya namun apabila tidak dan Osaka menjadi juara, maka ia merelakan posisi puncak untuk rival Jepangnya itu.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *