45.546 Lansia di Jakarta Sudah Divaksinasi Dosis Pertama

Sebanyak 45.546 warga lanjut usia (lansia) di Jakarta telah divaksinasi covid-19 dosis pertama hingga 2 Maret 2021. Jumlah ini sudah mencapai 5 persen dari target vaksinasi lansia yang mencapai 911.631 orang.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan vaksinasi untuk 2.010 lansia ditunda. Sedangkan, 231 lansia tidak dapat atau dibatalkan untuk diberikan vaksin.

“Dari penapisan atau deteksi dini oleh petugas kesehatan, kondisi medis pasien lansia ada yang belum memungkinkan untuk divaksin. Umumnya karena komorbid,” ujar Widyastuti, Rabu, 3 Maret 2021.

Program vaksinasi covid-19 bagi kelompok lansia terus berlangsung di lima wilayah kota administrasi dan kabupaten. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi lansia dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan RSUD.

“Lansia yang akan mendapatkan vaksinasi covid-19 dapat mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id,” terangnya.

Setelah mendaftar, lansia menunggu pesan pemberitahuan atau notifikasi terkait lokasi dan jadwal vaksinasi. Lansia yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat dalam tujuh hari terakhir.

Selain itu, lansia penyintas covid-19 harus lebih dari tiga bulan setelah dinyatakan sembuh. Penerima vaksin juga tidak sedang menderita penyakit jantung, liver, ginjal yang bersifat kronis atau melakukan prosedur cuci darah.

“Para lansia ini juga tidak dalam proses pengobatan kanker, pengobatan gangguan pembekuan darah,pengobatan defisiensi imun, sedang transfusi. Penerima vaksin dengan riwayat penyakit epilepsi, diabetes melitus, HIV, penyakit paru (asma, PPOK) harus dalam keadaan terkontrol. Serta tidak menerima vaksin lain kurang dari satu bulan terakhir,” kata Widyastuti.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *