Veteran PD II Tom Moore Meninggal karena Virus Corona

Veteran Perang Dunia II, Tom Moore dikabarkan meninggal pada Selasa (2/2) di usia 100 tahun setelah berjuang melawan infeksi virus corona. Keluarga mengonfirmasi kabar meninggalnya Moore.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan kematian ayah kami yang tersayang, Kapten Sir Tom Moore,” kata putrinya, Hannah dan Lucy dalam sebuah pernyataan.

Moore sempat mendapat perawatan di rumah sakit pada Minggu (31/1) setelah sempat mengalami pneumonia dan dinyatakan positif Covid-19.

“Perawatan yang ayah kami terima dari NHS dan pengasuh selama beberapa minggu dan tahun terakhir dalam hidupnya sangat luar biasa. Mereka sangat profesional, baik hati dan penuh kasih dan telah memberi kami lebih banyak tahun bersamanya daripada yang pernah kami bayangkan,” tulis pihak keluarga seperti mengutip Reuters.

Ratu Elizabeth II dan PM Johnson menyampaikan ucapan belasungkawa atas kematian Moore.

“Yang Mulai sangat senang bertemu dengan Kapten Sir Tom dan keluarganya di Windsor tahun lalu. Ia dan keluarga kerajaan berduka, terinspirasi atas jasa yang diberikan untuk seluruh bangsa dan orang lain di seluruh dunia,” tulis Ratu Elizabeth II dalam pesannya.

Di sisa hidupnya, Moore sempat sempat melakukan penggalangan dana sebesar 100 juta poundsterling untuk pekerja layanan kesehatan di Inggris pada April 2020 lalu.

Moore kemudian merayakan pengumpulan dana yang digagasnya untuk merayakan ulang tahunnya ke-100 dengan berjalan kaki mengelilingi taman.

Tepat di hari ulang tahunnya pada 30 April, donasi terus berlipat ganda hingga melebihi 30 juta poundsterling. Moore menuai banyak pujian dari seluruh dunia, termasuk Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Moore mengaku mendapat lebih dari 125 ribu kartu ucapan ulang tahun dari simpatisan di seluruh dunia.

Pada ulang tahunnya ke-100, Moore diberi promosi kehormatan pangkat kolonel. Pada Juli lalu, ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth dalam upacara penganugerahaan secara daring di Windsor.

Inggris akan memberikan penghormatan terakhir kepada jasad Moore pada Rabu (3/2). Foto Moore terpampang di pusat kota London, sementara lampu-lampu dibiarkan menyala di London Eye, Stadion Wembley, dan Blackpool untuk memberi penghormatan kepada Moore.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *