‘Suntikan’ Vaksin Corona Terbangkan Harga Minyak

Harga minyak mentah dunia melambung pada perdagangan Kamis pagi (3/12) WIB. Mengutip Antara, Kamis (3/12) pagi, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari bertambah 83 sen atau menguat 1,75 persen menjadi US$48,25 per barel.

Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari naik 73 sen atau 1,64 persen ke level US$45,28 per barel.

Kenaikan ditopang kebijakan Inggris yang telah menyetujui penggunaan vaksin covid-19 dari Pfizer dan BioNTech. Persetujuan ini mendorong harapan pasar bahwa permintaan minyak akan pulih.

Pemerintahan Inggris telah mengizinkan penggunaan darurat vaksin covid-19 racikan Pfizer dan BioNTech (EUA/Emergency Use Authorization) pada Rabu (2/12).

Di sisi lain pedagang terus memantau keputusan OPEC+ menekan produksi untuk tahun depan.

“Kemajuan kuat hari ini muncul sebagian besar berdasarkan indikasi kemajuan pada pertemuan OPEC hari ini yang berpotensi membuka jalan bagi kesepakatan dalam pembicaraan OPEC+ yang masih dijadwalkan untuk besok,” kata Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch.

Seperti diketahui, OPEC+ tahun ini diberlakukan pemotongan produksi sebesar 7,7 juta barep per hari (bph) karena pandemi covid-19. Direncanakan pemangkasan akan berlanjut pada setidaknya 3 bulan pertama 2021.

Namun, OPEC+ belum memutuskan pemangkasan setelah bertemu pada pekan lalu. Disinyalir keputusan akan dibuat dalam pekan ini.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar :CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *