DJ Chillout Legendaris, Jose Padilla Meninggal Dunia

DJ Spanyol yang disebut-sebut sebagai salah satu pelopor musik chillout di Ibiza di era 1990-an, Jose Padilla, meninggal dunia di usia 64 tahun setelah berjuang melawan kanker.

“Dengan sedih kami memberitakan bahwa Jose meninggal dengan damai dalam tidurnya pada Minggu malam di tanah yang ia cintai, Ibiza,” demikian pernyataan dalam kanal Facebook resminya.

Pernyataan itu berlanjut, “Kini, setelah ia pergi, matahari terbenam di Ibiza tak akan sama lagi tanpa dia. Namun, musik indah Jose Padilla akan tetap bersama kita selamanya.”

Padilla memang merupakan salah satu tokoh yang terpandang di Ibiza. Lahir di Girona pada 1955, Padilla pindah ke Ibiza pada 1976 dan langsung meniti karier sebagai DJ di sejumlah kelab di pulau tersebut.

Ia kemudian menjadi DJ tetap di Cafe del Mar, bar di San Antonio yang terkenal karena menyuguhkan musik menenangkan dengan pemandangan matahari terbenam.

Setelah serangkaian mixtape bootleg, Padilla menciptakan seri kompilasi Cafe del Mar pada 1993. Para penggemar musik menjadikan kompilasi tersebut sebagai soundtrack mereka ketika industri kelab malam mulai berkembang di era 1990-an.

Kesuksesan kompilasi Cafe del Mar membawa Padilla ke puncak popularitas sebagai DJ kenamaan hingga karyanya masuk dalam seri Essential Mix dari BBC.

Selain kompilasi, Padilla juga menciptakan musik sendiri yang diakui oleh para kritikus. Album yang ia rilis pada 2001, Navigator, bahkan mendapatkan nominasi dalam Latin Grammy Award.

Komunitas musik Ibiza pun mulai khawatir ketika Padilla mengumumkan bahwa ia terdiagnosis mengidap kanker pada Juli lalu. Melalui Facebook, ia meminta bantuan untuk biaya pengobatan.

“Situasi saya sangat buruk. Saya benar-benar bangkrut setelah lima bulan tidak mendapat pemasukan dan saya tak bisa membayar sewa,” tulis Padilla.

Sejumlah institusi musik dance dan elektronik lantas berduka ketika mendengar kabar kepergian Padilla, termasuk Ministry of Sound and Defected Records.

“Jose Padilla membawa ketenangan satu generasi kelab malam dan karya seninya menyentuh hidup jutaan orang. Dia akan selalu dikenal sebagai Godfather of Chillout, pencipta kompilasi Cafe del Mar, benar-benar legenda Ibiza,” demikian pernyataan Ministry of Sound and Defected Records yang dikutip The Guardian.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *