“GBK Siap untuk Piala Dunia U-20”

Sejalan dengan pengerjaan seluruh stadion Piala Dunia U-20 2021, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) diklaim berada dalam kondisi siap sebagai venue pesta sepakbola junior terbesar di dunia tersebut. GBK akan menjadi stadion utama pada Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei–11 Juni 2021 itu.

“Kawasan GBK udah siap banget,” kata Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno sebagaimana dipetik dari Antara, Selasa (22/9).

Selain Stadion GBK, Winarto juga menyebut stadion pendukung seperti Lapangan G, Lapangan A, dan Stadion Madya di Kompleks GBK juga sudah dalam kondisi siap. Hanya Lapangan G yang masih perlu penambahan lampu sebagaimana yang disyaratkan standar FIFA.

“Kalau untuk memasang lampu di Lapangan G, paling dua minggu selesai. Untuk rumput, semua stadion dan lapangan GBK rutin dirawat jadi kondisinya bagus. Dengan keadaan yang terjaga seperti itu, mungkin tidak sampai sebulan memoles kawasan GBK agar benar-benar siap untuk Piala Dunia U-20,” ucap Winarto.

Winarto juga mengatakan bahwa lapangan selain Stadion GBK cukup layak karena pernah digunakan untuk sejumlah laga internasional. Di antaranya adalah untuk Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Asia, dan Asian Games yang berlangsung pada 2018.

Selain meminta standar stadion, FIFA juga mewajibkan setiap stadion Piala Dunia memiliki lima lapangan tambahan. Lapangan tersebut digunakan sebagai tempat latihan tim peserta dan wasit.

Selain GBK di Jakarta, sejumlah stadion lain juga sudah mulai berbenah. Pada Selasa (22/9) kemarin, misalnya, lapangan tambahan di area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, sudah mulai proses pengerjaan dengan target selesai pada Desember mendatang.

Piala Dunia U-20 akan menjadi sejarah bagi Indonesia dalam penyelenggaraan pesta sepakbola terbesar di dunia. Perhelatan itu merupakan yang pertama bagi Indonesia sekaligus event olahraga level dunia yang termegah yang bakal terjadi di negeri kepulauan di tenggara Asia ini.

Selain GBK dan GBT, stadion Piala Dunia lainnya adalah Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). Adapun tim yang akan dipersiapkan untuk mewakili Indonesia sebagai tuan rumah saat ini sedang berlatih bersama pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong, di Kroasia.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : E-Booking – GBK

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *