BLT Bagi Pekerja Bergaji Rp5 Juta Diresmikan Jokowi Besok

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyatakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu ke pekerja bergaji Rp5 juta akan mulai dilaunching Kamis (27/8) besok. Launching akan langsung dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Insyaallah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok pada Kamis, 27 Agustus oleh Presiden RI,” ujarnya dalam rapat bersama Komisi IX, Rabu (26/8).

Ia menuturkan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama. Ia mengatakan tahap transfer pertama akan dilakukan akhir Agustus ini.

“Kami rencanakan dilakukan per batchnya (gelombang) per minggu sekurang-kurangnya 2,5 per batch per minggu akan kami lakukan (transfer),” tuturnya.

Ia mengatakan telah menerima data 2,5 juta rekening calon penerima bantuan dari BP Jamsostek pada 24 Agustus lalu.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar Rp37,8 triliun untuk program baru tersebut. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta serta terdaftar pada BP Jamsostek per Juni 200.

Subsidi upah tersebut akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan atau total senilai Rp2,4 juta. Subsidi ini akan diberikan setiap 2 bulan atau setiap pembayaran sebesar Rp1,2 juta.

“Jadi untuk subsidi bulan September-Oktober akan kami berikan pada akhir Agustus ini. Dan 2 bulan berikutnya akan diberikan. Jadi diberikan dalam bentuk transfer langsung ke rekening penerima 2 bulan sekali, Rp1,2 juta,” katanya beberapa waktu lalu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

 

 

 

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *