Sanksi Man City Dicabut, Klopp: Hari Buruk untuk Sepakbola

Juergen Klopp ikut berkomentar terkait lolosnya Manchester City dari sanksi. Dia menilai itu bukan hari yang baik buat sepakbola.

Man City sempat dijatuhi sanksi larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua tahun oleh UEFA.

Hal itu karena The Citizens memanipulasi dana sponsor yang merupakan pemasukan klub pada rentang musim 2012 hingga 2016. Pemalsuan keuangan itu untuk mengakali City agar tak terjerat Financial Fair Play

Klub tersebut tak tinggal diam. Mereka mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport (Cas) alias Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Alhasil, banding City dikabulkan. Klub asal Kota Manchester itu diperbolehkan tampil di kompetisi Eropa, namun masih harus membayar denda 10 juta euro.

“Dari sudut pandang pribadi, saya senang City bisa bermain di Liga Champions musim depan karena, ketika saya berpikir tentang liga dan City memiliki 10-12 pertandingan lebih sedikit untuk pemain yang beristirahat, saya tidak melihat peluang untuk tim mana pun di liga,” kata Klopp seperti dikutip dari Standard.

“Terlepas dari itu, saya tidak berharap ada yang buruk, tapi saya pikir kemarin itu bukan hari yang baik untuk sepakbola, jujur saja,” manajer Liverpool itu melanjutkan.

Klopp mendukung adanya FFP. Dia menilai bahwa FFP bisa melindungi tim dari pengeluaran uang yang tak sesuai kemampuan klub dalam mencari pendapatan.

“FFP adalah ide yang bagus. Itu ada untuk melindungi tim dan kompetisi sehingga tidak ada yang mengeluarkan uang lebih dan mereka harus memastikan uang yang ingin dibelanjakan didasarkan pada sumber yang tepat,” beber Klopp.

“Jika klub-klub dan negara-negara kaya bisa melakukan apa yang ingin mereka lakukan, maka itu membuat sulit. Itu akan mengarah pada liga dunia. Itu akan tergantung pada siapa yang memiliki klub dan bukan nama-nama klub.”

“Bukan terserah saya untuk menilai ini dan saya tidak akan melakukan. Saya hanya berharap kita tetap pada sistem FFP ini dan saya berharap itu tetap memberi batas. Itu bagus untuk sepakbola. Jika tidak ada yang peduli lagi, itu akan membuat kompetisi menjadi semakin sulit,” Klopp menegaskan.

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *