Ini Protokol Antisipasi Virus Corona Jika Bundesliga Bergulir Kembali

Liga Jerman kemungkinan besar bakal segera bergulir kembali. Akan ada beberapa protokol yang diterapkan saat Bundesliga menuntaskan sisa laga di musim ini.

Bundesliga dilaporkan akan menjadi liga top Eropa pertama yang bakal bergulir kembali pasca merebaknya wabah Virus Corona. Liga Jerman diwacanakan akan kembali menggelar laga pada 9 Mei mendatang. Dalam sisa laga musim ini, Bundesliga akan digelar tanpa penonton.

Rencana ini mencuat setelah angka kematian di Jerman akibat Virus Corona yang terbilang kecil. Kematian akibat COVID-19 di Jerman mencapai 6.374 dari 160.440 kasus. Selain itu, pemerintah Jerman juga sudah mulai mencabut aturan lockdown sejak Senin (20/4/2020).

Nantinya akan ada langkah antisipasi penularan Virus Corona ketika Bundesliga digulirkan kembali. Diungkapkan oleh Der Spiegel, telah disusun protokol terkait hal tersebut demi menjaga kesehatan dan keselamatan pemain.

“Jika nantinya ada pemain yang positif usai di tes Virus Corona, pemain yang bersangkutan akan melakukan isolasi sendiri. Liga dapat terus dilangsungkan dengan langkah pencegahan yang dilakukan semua pihak,” ujar juru bicara Bundesliga dikutip dari Marca.

Protokol tersebut mengatakan bahwa klub tidak boleh mempublikasikan nama pemain yang positif terjangkit Virus Corona. Meski begitu, klub bertanggung jawab penuh atas masa karantina sang pemain selama dua Minggu.

Sementara jika ada pemain yang menunjukkan gejala COVID-19, pemain yang bersangkutan juga akan dikarantina. Masa karantina selama empat hari hingga gejala tersebut hilang.

Untuk mengetahui apakah ada penggawa klub yang terjangkit Virus Corona, pihak Bundesliga akan melakukan tes masal. Bundesliga mendapatkan jatah 20.000 tes masal dari pemerintah Jerman yang melakukan 800.000 tes Virus Corona setiap Minggunya.

Hal penting lain yang terdapat di protokol tersebut adalah mengenai pembatasan jumlah orang di Stadion. Hanya akan ada 300 orang di sekitar Stadion saat pertandingan berlangsung.

Dari 300 orang tersebut hanya 98 orang yang diizinkan berada di lapangan. 98 itu meliputi pemain, pelatih, wasit, ofisial, dan petugas keamanan.

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *