PM Jepang Akan Deklarasikan Darurat Nasional Covid-19

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana mendeklarasikan status darurat nasional di tengah pandemi virus korona (covid-19). Menurut keterangan sejumlah sumber pemerintahan PM Abe, rencana darurat nasional terkait dengan lonjakan jumlah kasus covid-19 di Tokyo dan sejumlah kota besar lainnya di Jepang.

Dikutip dari Xinhua, Senin 6 April 2020, gelombang tekanan menerpa PM Abe yang didorong untuk segera mendeklarasikan darurat nasional covid-19. Tekanan datang dari sejumlah pihak, termasuk Gubernur Tokyo Yuriko Koike dan Asosiasi Medis Jepang.

Pemerintahan metropolitan Tokyo mengatakan bahwa jumlah tempat tidur untuk pasien covid-19 akan segera mencapai batasnya. Kementerian Kesehatan mengaku sedang mengupayakan penambahan jumlah tempat tidur.

Sebuah panel ahli Jepang memperingatkan bahwa sistem kesehatan di Negeri Sakura berpotensi tumbang jika kasus covid-19 terus melonjak.

Sistem kesehatan di Tokyo dan empat prefektur lainnya sedang berada di bawah tekanan. Tim pakar memperingatkan bahwa “langkah-langkah perlu segera diambil sesegera mungkin.”

Menjelang deklarasi darurat nasional, PM Abe akan meminta pendapat dari sebuah panel penasihat yang terdiri dari sekelompok pakar kesehatan. Pendapat diperlukan karena penentuan level darurat harus berdasarkan sejumlah kriteria spesifik.

Jika darurat nasional jadi dideklarasikan oleh PM Abe, maka Pemerintah Jepang memiliki wewenang lebih dalam menginstruksikan warga untuk tetap berada di dalam rumah. Pemerintah Jepang juga memiliki wewenang lebih untuk menutup sekolah dan melarang perkumpulan massa.

Selain itu, Pemerintah Jepang juga akan memiliki wewenang dalam menentukan lokasi atau fasilitas terentu untuk dijadikan situs penyedia layanan kesehatan darurat.

Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins hingga Senin ini, jumlah kasus covid-19 di Jepang mencapai 3.654 dengan 85 kematian dan 575 pasien sembuh.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Dunia Tempo.co

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *