The Fed Pangkas Bunga Acuan 50 Basis Poin

Bank Sentral AS The Fed memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan mereka sebesar 50 basis poin ke kisaran 1,0 persen-1,25 persen. Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pemangkasan tersebut merupakan langkah darurat yang dilakukan lembaganya untuk mendorong ekonomi AS.

Langkah darurat tersebut dilakukan demi menghadapi dampak virus corona yang belakangan ini sudah menekan pergerakan ekonomi, termasuk AS.

“Kami berharap ini bisa memberikan dorongan berarti bagi ekonomi dalam menghadapi epidemi virus corona,” katanya seperti dikutip dari AFP, Rabu (4/3).

Ia memang tak yakin, penurunan suku bunga tersebut nantinya akan mengurangi ‘infeksi’ virus corona sampai dengan 100 persen. Ia hanya yakin bahwa kebijakan yang diambil lembaganya nanti bisa mendorong ekonomi.

“Penurunan suku bunga tidak akan mengurangi infeksi, itu (juga) tidak akan memperbaiki rantai pasok yang rusak akibat wabah tersebut,” katanya.

Sementara itu, Presiden AS menyambut positif penurunan suku bunga acuan yang dilakukan The Fed tersebut. Tapi, ia menegaskan bank sentral masih perlu mengambil kebijakan lanjutan agar ekonomi tak kian tertekan.

“Federal Reserve sedang memotong tetapi harus lebih mudah dan yang paling penting, sejalan dengan negara lain,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Gatra

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *