Harga Pangan Tren Turun, Cabai Anjlok

Harga pangan mulai memasuki tren turun. Terpantau harga daging sapi, minyak goreng curah, dan beras perlahan turun di kisaran 1-2 persen dalam sepekan terakhir. Namun, harga cabai rawit merah dan bawang putih anjlok masing-masing 14,95 persen, dan 5,13 persen.

Pusat Informasi Harga Pangan Stratgeis (PIHPS) melansir harga cabai rawit merah rata-rata dibanderol Rp42.100 per kilogram (kg) pada Senin (24/2). Terpaut jauh dari harga pekan sebelumnya yang sebesar Rp54.050 per kg.

Di beberapa wilayah, seperti di Ambon harga cabai rawit bahkan menyentuh ke Rp18.750 per kg dan di Blitar sebesar Rp20 ribu. Padahal, di Palembang harganya sudah Rp80 ribu dan di Kendari Rp68.750.

Sementara, harga bawang putih ukuran sedang dipatok Rp46.250 per kg atau turun 5,13 persen dibandingkan pekan sebelumnya, yaitu Rp50.800.

Distribusi tidak merata tampaknya menjadi persoalan harga bawang putih. Buktinya, di beberapa wilayah harga masih di kisaran Rp36 ribu-an, seperti Lhokseumawe, Medan, Dumai, dan Jambi.

Namun, harga bawang putih menjulang lebih dari Rp50 ribu di wilayah lain, terutama arah timur, seperti Bau-bau, Ternate, dan Merauke. Di Tual, Maluku, harga bawang putih bahkan menyentuh Rp68.750 per kg.

Harga Gula Melambung

Di tengah tren turun harga bahan pangan, harga gula pasir justru melambung. Terpantau harga gula pasir lokal naik 1,74 persen menjadi rata-rata Rp14.600 per kg. Di Sibolga, Sumatera Utara, harganya bahkan menyentuh Rp16 ribu.

Untuk gula kualitas premium, harganya dibanderol Rp15.400 per kg atau naik 0,98 persen dalam sepekan. Di Ternate, harganya bahkan tembus Rp20 ribu per kg atau tertinggi jika dibandingkan wilayah lainnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana membuka keran impor gula konsumsi sebanyak 200 ribu ton. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan keputusan impor gula untuk konsumsi akan dilakukan melalui koordinasi antar kementerian dan lembaga.

Ia juga meyakinkan petani tidak akan diganggu dengan impor gula konsumsi. Untuk itu, pihaknya bakal memastikan harga jual gula impor tak akan lebih murah dari harga produksi lokal.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *