Bantuan Pernapasan Dilepas, Ekki Soekarno Mulai Bisa Bicara

Kondisi kesehatan suami artis peran Soraya Haque, Ekki Soekarno, mulai menunjukkan peningkatan. Putri Ekki dan Soraya, Nadia Soekarno, mengatakan, alat ventilator atau bantuan pernapasan untuk sang ayah sudah dilepas. Saat ini, ayahnya juga bisa merespons komunikasi yang diterima.

“Responsnya enggak bisa seratus persen kayak biasa, tetapi sudah membaik dibanding dari kemarin,” kata Nadia Soekarno kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020) malam. Sedikit demi sedikit, Ekki sudah mulai merespons dengan berbicara. “Kalau kemarin, kan, komunikasi masih susah karena masih ada alat ventilatornya, belum bsa ngomong, keluarin suara juga enggak bisa. Tapi pas alatnya itu dilepas sudah bisa komunikasi, sudah bisa ngomong walaupun memang suaranya masih kecil banget,” ujar Nadia. B

Selain itu, ia mengatakan, dokter belum memeriksa kemungkinan TBC di dalam tubuh Ekki. Awalnya, pemeriksaan akan dilaksanakan pada Sabtu (18/1/2020). Namun, pemeriksaan belum bisa dilakukan lantaran masih ada cairan di paru-paru Ekki.

Untuk tindakan selanjutnya, Nadia mengaku masih menunggu pertemuan dengan dokter spesialis jantung pada Senin, sambil terus berdiskusi dengan keluarga. “Mengenai yang pemeriksaan TB itu, kalau dokter jantungnya menyarankan fisioterapi, tetapi masih rembuk juga sama keluarga apakah perlu atau tidak karena fisioterapi itu bisa membuat cairannya itu keluar katanya,” tutur Nadia Soekarno. Ekki Soekarno diketahui mengalami infeksi paru-paru serta serangan jantung sehingga harus dirawat di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan, sejak Kamis (16/1/2020). Baca berikutnya.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *