Iran Serang Balik AS, IHSG Bisa Jatuh ke 5.900 di Kuartal I

Ketegangan geopolitik Amerika Serikat (AS) dan Iran memukul hampir seluruh pasar keuangan global, termasuk bursa saham tanah air. Sikap Iran yang melakukan serangan balik terhadap Amerika Serikat kian memanaskan tensi geopolitik kedua negara.

Pada penutupan perdagangan Rabu kemarin (8/01/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,85% ke level 6.225,68 poin. Melemahnya iHSG senada dengan seluruh bursa saham di Asia.

Adapun pagi ini, Kamis (9/1/2020), pukul 10.42, IHSG naik 0,37% di level 6.248,63 dengan catatan jual bersih asing Rp 74 miliar di semua pasar.

Direktur Utama CSA Institute Aria Samata Santoso berpendapat, laju IHSG berpotensi melemah ke level di bawah 6.000 hingga triwulan pertama 2020. Ketegangan di Timur Tengah, dalam jangka pendek menyebabkan investor melakukan aksi jual dan memindahkan aset saham ke aset yang lebih stabil seperti emas.

Tak pelak, kata dia, akibat sentimen ini menyebabkan harga saham komoditas minyak dan gas (migas), batu bara, dan emas ikut melonjak.

“Q1-2020 masih didominasi ketegangan geopolitik Timur Tengah, kalau berkepanjangan akan menjadi tekanan ke IHSG, sekarang 6.200 dalam jangka pendek bisa sampai 5.900,” kata Aria di Bursa Efek Indonesia, Rabu (8/01/2020).

Aria melanjutkan, sektor-sektor yang masih potensial yang direkomendasikan dalam situasi sekarang ini adalah sektor konsumsi, konstruksi dan konstruksi karena berlanjutnya pelbagai proyek infrastruktur pemerintah.

Namun, dia menilai, investor asing dengan target investasi jangka panjang cenderung bertahan di aset saham perbankan BUKU IV (bank umum kelompok usaha 4, dengan modal inti di atas Rp 30 triliun) karena punya potensi pertumbuhan baik dari sisi laba bersih maupun Net Interest Margin (NIM) yang lebih menarik.

“Untuk jangka panjang tetap bertahan, Indonesia merupakan tempat pilihan investasi di negara emerging markets,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Market Bisnis

 

 

 

 

[social_warfare
buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *