China Open 2019, Rinov/Pitha Lolos ke Babak Kedua

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari, melangkah ke babak kedua turnamen bulu tangkis China Open 2019 di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China.

Dalam laga babak pertama, Selasa (17/9/2019), Rinov/Pitha mengalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Mereka membutuhkan waktu 57 menit untuk menang rubber game 21-18, 16-21, 21-12. Hasil ini tak cuma membawa Rinov/Pitha lolos.

Pasangan ranking 19 dunia ini pun memperbaiki rekor pertemuan menjadi 2-1 untuk keunggulan mereka atas lawannya yang menempati peringkat ke-14 dunia.

Dalam dua pertemuan terdahulu, Tan/Lai mengalahkan Rinov/Pitha dalam ajang German Open 2019 pada bulan Februari.

Dua bulan berselang, Rinov/Pitha membalasnya pada ajang New Zealand Open. Pada babak kedua turnamen level Super 1.000 ini, Rinov/Pitha kemungkinan besar menghadapi pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yujung.

Ini terjadi bila unggulan ketujuh tersebut mengalahkan wakil China, Ou Xuan Yi/Feng Xue Ying.

Awal gim pertama, Rinov/Pitha selalu berada di belakang dalam pengumpulan poin. Lawan unggul 6-2, kemudian terus memimpin hingga 9-5.

Menjelang interval, Rinov/Pitha bisa memangkas jarak sehingga mereka hanya tertinggal satu poin dalam kedudukan 10-11 saat jeda paruh gim pertama. Setelah itu, Rinov/Pitha terus memberikan tekanan sehingga bisa berbalik unggul 12-11 dan terus memimpin gim pertama tersebuh hingga meraih kemenangan 21-18.

Gim kedua mutlak milik pasangan Malaysia tersebut. Setelah skor imbang 3-3, Tan/Lai tak terkejar lagi karena mereka terus berada di depan.

Pasangan Malaysia tersebut menyudahi gim kedua dengan kemenangan 21-16 sekaligus memaksa rubber game untuk menentukann siapa yang berhak lolos ke babak kedua.

Pada gim ketiga yang menjadi penentu, Rinov/Pitha tampil sangat impresif. Mereka tak memberikan kesempatan kepada lawan untuk mengembangkan permainan sehingga Rinov/Pitha unggul jauh dalam perolehan poin.

Pasangan Indonesia tersebut memimpin 11-4 saat interval. Meskipun sempat tersendat sehingga lawan bisa memangkas jarak menjadi 8-12, Rinov/Pitha kembali menjauh hingga akhirnya menang 21-12.

Dengan demikian, sudah dua wakil Indonesia yang melewati rintangan pertama turnamen berhadiah total 1 juta dollar AS tersebut.

Sebelumnya, ganda putra peraih medali perak Asian Games 2018, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, lebih dulu lolos. Mereka menyingkirkan wakil Thailand, Bodin Isara/Maneepong Jongjit, dengan straight game 21-14, 21-11 hanya dalam waktu 21 menit.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *