Negosiasi dengan Korut Mandek, Trump Akan Kunjungi Korsel

Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) untuk memajukan kerja sama bilateral. Rencananya, Trump akan mengunjungi Korsel pada bulan Juni mendatang.

“Presiden Donald J Trump akan mengunjungi Republik Korea untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae-in, bersamaan dengan perjalanannya ke wilayah Asia untuk menghadiri KTT G20 pada akhir Juni,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih.

“Trump dan Moon akan melanjutkan koordinasi mereka yang erat pada upaya untuk mencapai denuklirisasi final yang sepenuhnya diverifikasi dari Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK),” sambung pernyataan itu menggunakan nama resmi dari Korea Utara (Korut).

“Kedua pemimpin itu juga akan membahas cara-cara untuk memperkuat aliansi bilateral dan persahabatan antara kedua bangsa,” kata Gedung Putih seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (16/5/2019).

Selama kunjungan Moon baru-baru ini ke Gedung Putih pada bulan April lalu, Trump mengatakan bahwa sanksi terhadap DPRK akan tetap berlaku, tetapi ia menganggap tidak perlu untuk meningkatkannya.

Dia juga mengatakan bahwa itu mungkin baginya untuk mengadakan pertemuan ketiga dengan pemimpin DPRK Kim Jong Un.

Kunjungan Trump ke Korsel dilakukan setelah Korut melakukan uji coba rudal jarak pendek pada awal minggu ini. Uji coba itu dilakun bertepatan dengan kunjungan utusan khusus AS untuk Korut ke Korsel. Pyongyang mengatakan bahwa uji coba itu bagian dari latihan militernya.

Tetapi Trump menganggap kecil peluncuran rudal itu. Trump mengatakan rudal yang ditembakkan sangat standar dan ia tidak melihat mereka sebagai “pelanggaran.”

 

 

 

 

 

sumber : sindonews.com
Gambar : SINDOnews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *