Turun Tipis, Cadangan Devisa RI Akhir April 2019 124,3 Miliar Dollar AS

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2019 sebesar 124,3 miliar dollar AS. Posisi cadangan devisa tersebut sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2019 yang sebesar 124,5 miliar dollar AS.

Bank Indonesia (BI) menilai, posisi cadangan devisa tersebut relatif stabil. “Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” jelas BI dalam keterangan tertulis di laman resminya, Rabu (8/5/2019).

BI pun menyatakan posisi cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Stabilnya posisi cadangan devisa pada April 2019 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas, penerimaan valas lainnya, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. “Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik,” tulis BI.

 

 

 

 

 

Sumber : Kompas.com
Gambar : IDNJurnal.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *