Formula E 2024 Batal Digelar karena Pemilu, Heru Budi: Saya Serahkan ke Jakpro

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tak ingin mengurusi soal nasib Formula E 2024 yang berpotensi tak diadakan di Ibu Kota karena waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan Pemilu 2024.

Heru mengatakan, ia menyerahkan sepenuhnya kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara ajang balap mobil listrik itu.

“Saya minta Jakpro bisa mengomentari ini. Kan B2B karena situasi politik. Saya enggak. Cuman Jakpro ajak silahkan B2B,” kata Heru kepada wartawan, dikutip Selasa (24/10/2023).

Heru pun mempersilakan Jakpro untuk memutuskan apakah Formula E 2024 batal digelar di Jakarta atau memutuskan untuk mencari tanggal lain.

“Apakah mundur menguntungkan atau cari tanggal yang pas, saya serahkan ke Jakpro,” tambah Heru.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jakarta (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono juga tak merespons apakah pihaknya sudah berkomunikasi dengan Jakpro terkait hal ini.

“Kamu mau jawabanku biar langsung viral. Tanggapannya, saya kaji dulu. Karena kalau di sana dibatalkan berarti kita tidak bisa menyelenggarakan,” kata Joko.

Jakpro Komunikasi dengan FEO

Secara terpisah, Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin akhirnya buka suara. Iwan berujar, saat ini Jakpro sedang berkomunikasi dengan Formula E Operation (FEO) untuk mengubah jadwal penyelenggaraan, yang semula direncakan pada 8 Juni 2024.

“Jakpro saat ini tengah melalui beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi secara intensif bersama FEO terkait perubahan jadwal penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta,” kata Iwan dalam rilis resminya.

Iwan menegaskan bahwa pihak FEO mencoret Jakarta dari kalender Formula E 2024 karena adanya penyelenggaraan Pemilu di tahun yang sama.

“Kami memahami bahwa kalender FIA yang ditayangkan tersebut memiliki dampak global terhadap negara-negara yang terlibat didalamnya dan kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak yang sama-sama ingin memastikan kelancaran Pemilihan Umum Presiden 2024,” jelas Iwan.

Jadwal Formula E 2024

Adapun musim kesepuluh Formula E 2024 bakal berlangsung pada 13 Januari di Mexico dan berakhir pada 21 Juli di London. Balapan musim kesepuluh ini bakal berlangsung sebanyak 16 seri.

Sementara itu, Shanghai dan Hyderabad dikonfirmasi akan menjadi kota tuan rumah di musim 10 kejuaraan dunia Formula E setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober 2023.

Di Shanghai ini menjadi pertama kalinya Formula E digelar. Bakal dilangsungkan balapan double-header di Shanghai yakni pada Sabtu, 25 Mei dan Minggu, 26 Mei 2024.

Kemudian, balapan Formula E 2024 juga bakal digelar untuk pertama kalinya di Jepang. Hal ini menjadi sejarah bagi Formula E, di mana Tokyo telah memberi konfirmasi untuk jadi tuan rumah pada balapan yang akan digelar Sabtu, 30 Maret 2024.

 

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Republika

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *