Rekayasa Lalu Lintas Selama Pendaftaran Capres-Cawapres di KPU

Polisi telah menyiapkan sejumlah rute arus lalu lintas jelang pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ke Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023) hari ini.

“Rekayasa lalin kegiatan pendaftaran pasangan capres-cawapres,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman dalam keteranganya, dikutip Kamis (19/10/2023).

Adapun Rute pengalihan kendaraan yang disiapkan guna mengatur arus lalu lintas menuju Gedung Gedung KPU di jalan, Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat. Berikut sejumlah rute arus lalu lintas yang telah disiapkan;

1. Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jl. Imam Bonjol dialihkan ke Jl H. Agus Salim maupun Jl Pamekasan;
2. Kendaraan yang datang dari arah Jl H. Agus Salim yang akan menuju Jl Imam Bonjol diluruskan ke Jl. Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.
3. Kendaraan yang datang dari arah Jl. Rasuna Said yang akan menuju Jl Imam Bonjol diluruskan ke Jl. HOS Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jl. Diponegoro;
4. Kendaraan yang datang dari arah Jl Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jl Rasuna Said maupun ke kanan Jl HOS Cokroaminoto.

2000 Personel Disiapkan

Selain itu, total sebanyak 2.000 personel gabungan telah dikerahkan guna mengamankan proses pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden di KPU.

“Ada 2.000 personel yang disiapkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

Adapun, Trunoyudo menyampaikan ribuan personel yang disiagakan bakal ditempatkan di sepanjang rute yang akan dilewati oleh para kandidat dan pendukungnya.

Rencananya, kepolisian juga akan menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus guna mengantisipasi dampak kemacetan.

“Dijaga juga rute yang akan dilewati para pasangan calon,” ucap dia.

Pendaftaran Capres-Cawapres

Diketahui pada hari pertama pendafatarn, Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10) besok.

Rencananya, pasangan Anies-Muhaimin yang lebih dulu mendaftar ke KPU pada pukul 08.00 WIB. Mereka bakal mengawali rute dengan berkumpul di DPP PKS setelah itu lanjut ke DPP PKB dan NasDem, baru menuju KPU bersama para kader partai dan relawan.

Sedanhkan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD rencananya mendaftar ke KPU pada pukul 11.00 WIB. Hanya selang beberapa jam setelah Anies-Muhaimin mendaftar.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Bloomberg Technoz

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *