Invasi Darat Belum Dimulai, Israel Sebut Warga Gaza Masih Bisa Mengungsi

Militer Israel mengatakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2023, bahwa mereka akan terus mengizinkan warga Gaza untuk mengungsi dari wilayah utara ke selatan.

Mengutip dari laman Nikkei Asia, pernyataan disampaikan di saat ratusan ribu warga Palestina telah mengungsi dari Gaza bagian utara karena khawatir akan dimulainya invasi darat oleh Israel terhadap kelompok pejuang Hamas.

Israel telah bersumpah untuk memusnahkan Hamas setelah para pejuang kelompok tersebut melancarkan serangan kilat pada 7 Oktober lalu di kota-kota Israel. Hamas menembaki warga Israel serta menyandera sejumlah orang dalam serangan yang mengejutkan tersebut.

Sekitar 1.300 orang tewas dalam serangan tak terduga Hamas dan respons balasan Israel yang melancarkan kampanye pengeboman terbesar sejauh ini di Gaza. Israel bahkan mengepung total Gaza, memutus akses air, listrik, bahan bakar dan lain sebagainya.

Pihak berwenang di Gaza mengatakan lebih dari 2.300 orang tewas, seperempat di antaranya adalah anak-anak, dan hampir 10.000 orang terluka.

Petugas penyelamat berusaha mati-matian untuk mencari korban selamat dari serangan udara malam hari. Satu juta orang dilaporkan telah meninggalkan rumah mereka.

Perang Israel-Hamas

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berada di wilayah tersebut untuk berupaya menjamin pembebasan 126 sandera yang menurut Israel dibawa oleh Hamas kembali ke Gaza.

Blinken mengatakan dirinya telah mengadakan pertemuan yang “sangat produktif” dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh pada hari Minggu. Blinken kemudian dijadwalkan melakukan perjalanan ke Mesir, yang titik penyeberangan Rafah-nya kini dipandang sebagai pintu gerbang utama bantuan kemanusiaan untuk masuk ke Gaza.

Kekerasan di Gaza disertai dengan bentrokan paling mematikan di perbatasan utara Israel dengan Lebanon sejak tahun 2006, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan meluasnya perang ke wilayah lain.

Musuh regional Israel, Iran, yang mendukung Hamas, memuji serangan Hamas terhadap Israel namun membantah terlibat. Misi Iran di PBB mengatakan pada Sabtu malam bahwa jika “kejahatan perang dan genosida” Israel tidak segera dihentikan, “situasinya bisa berubah menjadi lebih buruk” dari sekarang.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *