Nunung Mulai Kerja Lagi Usai Jalani Penyembuhan Kanker Payudara

Komedian Nunung mengungkapkan kondisi kesehatan terkini usai melewati rangkaian tindakan medis untuk mengangkat kanker payudara. Ia mengatakan sudah semakin pulih sehingga bisa bekerja penuh lagi.

Nunung juga menjelaskan saat ini dirinya sudah menerima tawaran pekerjaan apa pun, beda dari beberapa waktu lalu yang lebih hati-hati dalam memilih proyek yang masuk.

“Sudah mulai kerja lagi, kemarin-kemarin kan ambil yang setengah-setengah,” ucap Nunung, seperti diberitakan detikcom pada Selasa (10/10).

“Kalau sekarang sih insyaallah mau ada tawaran apa pun, jadi sudah bisa terima,” lanjut Nunung.

Proses penyembuhan kanker payudara sang komedian juga belum benar-benar berakhir meski kemoterapi sudah selesai beberapa minggu lalu. Ia menyebut masih ada satu lagi penyinaran atau radioterapi yang harus dijalani minggu depan.

Namun, hingga kini komedian bernama lengkap Tri Retno Prayudati itu sudah tak merasakan keluhan apa pun. Ia mengaku sudah merasa baik usai kemoterapi berakhir pada Agustus silam.

“[Kabarnya] sehat, kemonya sudah selesai. Tinggal ada satu lagi penyinaran tapi masih minggu depan insyaallah,” ujar Nunung.

“Enggak ada [keluhan], karena kemonya sudah selesai, sudah baik,” lanjut komedian itu.

Di samping itu, ia sekarang telah mengubah gaya hidup secara signifikan. Nunung kini mengatur pola makan secara cermat, terutama soal asupan makanan sehari-hari.

Ia mengaku tidak lagi banyak makan daging merah, makanan yang dibakar, hingga makanan berbahan pengawet. Nunung juga mengurangi makan makanan manis karena disebut memicu kambuhnya penyakit.

Perubahan pola makan itu juga diikuti aktivitas lain, seperti olahraga ringan untuk menjaga kondisi tubuhnya.

“Kalau makanan lebih hati-hati. Enggak kayak dulu daging merah, bakar-bakaran, terus kayak makanan bahan pengawet agak dikurangi,” ujar Nunung.

“Sekarang sudah mulai [olahraga], jalan-jalan ke depan. Sekuatnya saja, semampunya saja,” lanjut komedian itu.

Nunung pertama kali mengungkapkan idap kanker payudara pada Februari 2023. Ia juga mengungkapkan bahwa sel kanker di dalam payudaranya sudah mengecil sehingga operasi pengangkatan bisa dilakukan.

Nunung pun menekankan operasi yang dilakukan adalah pengangkatan kankernya, bukan payudara. Enam kali kemoterapi yang sudah dijalani berfungsi untuk mempertahankan payudara miliknya.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *