Harga Minyak Dunia Memanas Lagi

Harga minyak dunia kembali memanas dengan tingginya konflik di Timur Tengah. Harga minyak dunia berusaha menembus level USD90 per barel.

Melansir Investing.com, pada pembukaan perdagangan Selasa, 10 Oktober 2023, harga minyak dunia acuan WTI naik 0,03 persen dengan berada pada level USD86,41 per barel. Harga minyak dunia acuan brent naik 0,09 persen ke level USD88,26 per barel.

Harga minyak dunia melonjak setelah konfrontasi militer yang semakin intensif antara pasukan Israel dan Hamas selama akhir pekan dan menyebabkan meningkatnya ketidakpastian politik di Timur Tengah.

Direktur Pelaksana Konsultan Energi Timur Tengah Fakta Global Energy, Iman Nasseri, menjelaskan dampak konflik itu terhadap harga minyak akan terbatas.

“Kecuali kita melihat perang antara kedua belah pihak meluas dengan cepat menjadi perang regional di mana AS dan Iran serta pendukung kedua pihak terlibat langsung,” jelas Iman.

Peran Iran

Kelompok Hamas memulai serangan militer terbesar terhadap Israel dalam beberapa dekade terakhir, yang mengakibatkan ratusan korban datang dari Israel. Sebagai balasan, Israel meluncurkan serangkaian serangan udara ke Gaza, yang berlanjut sepanjang hari Minggu.

Letusan ini membahayakan upaya Amerika Serikat (AS) untuk mendorong rekonsiliasi antara Arab Saudi dan Israel. Rencana yang diusulkan melibatkan Arab Saudi untuk menormalkan hubungan dengan Israel dengan imbalan perjanjian pertahanan antara Washington dan Riyadh.

Serangan ini mendapat pujian terbuka dari Iran dan Hizbullah, sekutu Iran di Lebanon. Fokus pelaku pasar kini telah bergeser kepada kemungkinan keterlibatan Iran dalam serangan-serangan tersebut, sebuah klaim yang telah dibuat oleh pihak Israel.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Okezone.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *