Kamila Andini Tak Sangka Serial Gadis Kretek Bisa Debut di Busan 2023

Serial Gadis Kretek akan tayang perdana di Busan International Film Festival (BIFF) 2023 yang digelar pada 4-13 Oktober. Serial adaptasi novel itu masuk dalam program spesial BIFF bertajuk Renaissance of Indonesian Cinema.

Sutradara Kamila Andini mengatakan Gadis Kretek terpilih menjadi salah satu line up program melalui rangkaian proses yang tak singkat. Ia menjelaskan semua itu bermula saat Kamila menjadi juri untuk New Currents, program kompetisi BIFF.

“Dari tahun lalu sebenarnya saat menjuri, mereka sudah bertanya sedang mengerjakan apa,” ungkap Kamila Andini dalam konferensi pers di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta Pusat, Senin (2/10).

“Beberapa orang tahu saya sedang mengerjakan serial pertama saya setelah membuat empat film sebelumnya,” lanjutnya.

Namun, Kamila mengaku saat itu tak mengira bahwa proyek Gadis Kretek akan dilirik festival internasional. Sebab, ia tidak melihat ada banyak peluang bagi proyek serial untuk bisa tayang di festival.

Kamila juga mengarahkan Gadis Kretek bersama Ifa Isfansyah dengan proyeksi untuk menjadi tontonan semata, tanpa memprioritaskan distribusi ke festival film internasional.

Tawaran world premiere di festival film itu akhirnya datang dari Netflix Korea. Pihak Netflix, selaku studio produksi dan distributor, mengatakan Gadis Kretek akan diajukan untuk tayang di BIFF.

Budi Pekerti, Film Terbaru Wregas Tayang di Bioskop 3 November 2023
“Enggak kepikiran sama sekali untuk bisa diputar di festival ini. Sampai akhirnya Netflix Korea bilang bahwa mereka akan mengajukan serial ini,” ujar Kamila.

Netflix Korea akhirnya mengonfirmasi Gadis Kretek menjadi salah satu line up Busan International Film Festival 2023. Gadis Kretek menjadi satu-satunya judul serial dari luar Korea yang tayang di BIFF tahun ini.

Selain Gadis Kretek, terdapat juga serial A Bloody Lucky Day yang dibintangi Lee Sung-min dan Yoo Yeon-seok, I Am A Running Mate yang dibintangi Yoon Hyun-soo, LTNS yang dibintangi Esom, The Deal yang dibintangi Yoo Seung-ho dan Kim Dong-hwi, serta drama terbaru Nam Joo-hyuk berjudul Vigilante.

“Akhirnya dikasih tahu Netflix Korea bahwa kami masuk. Itu kabar yang baik setelah kerja keras kami semua,” beber Kamila.

“Ada enam serial yang diputar di BIFF tahun ini, lima di antaranya serial Korea. Jadi, kami satu-satunya serial Indonesia,” lanjutnya.

Gadis Kretek disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. Serial ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala.

Sederet aktor papan atas bergabung dalam proyek serial ini, seperti Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, Putri Marino, Ibnu Jamil, Tissa Biani, hingga Sheila Dara.

Gadis Kretek akan tayang dua episode dalam Busan International Film Festival. Sementara itu, serial ini memiliki lima episode yang akan tayang di Netflix mulai 2 November 2023.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *