Daftar Rekayasa Lalin Jakpus Imbas Demo Buruh Gugat Ciptaker Hari Ini

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) guna mengantisipasi kemacetan imbas aksi demo buruh di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Senin (2/10) hari ini.

Aksimassa dari berbagai elemen itu dilakukan untuk mengawal Mahkamah Konstiitusi (MK) yang akan membacakan putusan atas lima permohonan uji materi dan uji formil UU Cipta Kerja (Ciptaker) hari ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan rekayasa lalin ini bersifat situasional. Artinya penerapannya tergantung pada kondisi di lapangan.

“Sifatnya tetap situasional namun diharapkan menghindari jalur tersebut,” kata Trunoyudo dalam keterangannya.

Informasi soal rekayasa lalin dan pengalihan arus ini turut diunggah dalam akun Instagram @tmcpoldametro. Dalam unggahan itu, turut mengimbau masyarakat untuk mencari jalan alternatif demi terhindar dari kemacetan.

“Alih arus akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 02 Oktober 2023 pukul 06.00 s/d selesai. Masyarakat yang akan menuju sekitar istana negara agar mencari jalan alternatif lain,” demikian keterangan dalam unggahan itu.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional)

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto

4. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Trunoyudo mengatakan setidaknya ada 6.520 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh hari ini.

Dari ribuan personel itu, sebanyak 4.530 merupakan personel Polda, Polres jajaran, Samapta hingga Brimob. Kemudian, sebanyak 1.680 personel lainnya berasal dari TNI AD dan 310 personel dari Pemda DKI.

Jelang pembacaan putusan UU Ciptaker pada Senin ini, massa buruh akan melakukan aksi untuk mengawalnya di Jakarta Pusat. Salah satu yang terpantau adalah aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) seperti dikutip dari akun Twitter Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Mereka disebut akan bergerak menuju gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat dari arah kantor Organsasi Buruh/Pekerja Internasional (ILO) di Jalan MH Thamrin mulai pukul 10.00 WIB.

Terpisah, Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan pihaknya juga akan melakukan aksi mengawal pembacaan putusan atas UU Ciptaker di MK hari ini.

Said mengklaim aksi demo Partai buruh digelar secara serentak di sejumlah wilayah di Indonesia seperti Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Batam, Aceh, dan Medan.

“Dan aksi ini akan diorganisir langsung oleh Partai Buruh, dengan 2 tuntutan utama, yakni cabut omnibus law UU Cipta Kerja dan naikkan upah 15 persen tahun 2024,” tuturnya dalam keterangan tertulis.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *