Mogok Kerja Penulis Hollywood Resmi Berakhir Setelah 148 Hari

Aksi mogok massal penulis Hollywood resmi berakhir. Pada hari ke-148 aksi, dewan Asosiasi Penulis Amerika (Writers Guild of America/WGA) Barat dan Timur mencabut perintah mogok mulai Rabu (27/9) pukul 12.01 waktu setempat.

Penghentian resmi ini dilakukan menyusul kesepakatan tentatif kontrak baru dengan Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTOP).

Hal tersebut membuat para penulis bisa kembali bekerja pada Rabu (27/9) bahkan sebelum pemungutan suara final untuk ratifikasi yang dijadwalkan pada 2 hingga 9 Oktober. WGA juga bakal kembali membahas rincian kontrak pada pekan ini.

Seperti diberitakan Variety pada Selasa (27/9) waktu AS, WGA juga merilis kontrak lengkap setebal 94 halaman dan ringkasan persyaratan baru.

Kesepakatan tersebut mencakup peningkatan kompensasi, persyaratan baru untuk tingkat staf minimum di ruang penulis TV hingga peningkatan persyaratan pembayaran penulis skenario.

Tak hanya itu, mereka juga secara khusus menyoroti perlindungan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam proses penulisan.

Berikut poin-poin yang disoroti WGA terkait AI.
– AI tidak dapat menulis atau menulis ulang materi sastra. Materi yang dibuat AI tidak akan dianggap sebagai materi sumber berdasarkan MBA, artinya materi yang dibuat AI tidak dapat digunakan untuk melemahkan kredit penulis atau hak yang dipisahkan.

– Penulis dapat memilih untuk menggunakan AI saat melakukan layanan penulisan, jika perusahaan mengizinkan dan dengan syarat penulis mengikuti kebijakan perusahaan yang berlaku, namun perusahaan tidak dapat mewajibkan penulis untuk menggunakan perangkat lunak AI (misalnya, ChatGPT) saat melakukan penulisan.

– Perusahaan harus mengungkapkan kepada penulis jika ada materi yang diberikan kepada penulis yang dihasilkan oleh AI atau menggunakan materi yang dihasilkan AI.

– WGA berhak menyatakan bahwa eksploitasi materi penulis untuk melatih AI dilarang oleh MBA atau undang-undang lainnya.

Keputusan bulat mengakhiri pemogokan terjadi dua hari setelah para penulis dan studio Hollywood berhasil menyelesaikan pembicaraan mengenai kontrak baru berdurasi tiga tahun pada 24 September.
Setelah sesi negosiasi maraton, kedua belah pihak dapat menemukan kompromi pada poin-poin penting yang sulit. termasuk AI generatif dalam proses kreatif, persyaratan staf minimum untuk ruang penulis, dan sisa streaming.

WGA dan AMPTP belum merilis rincian perjanjian tentatif tersebut, yang mana anggota WGA akan memilih untuk meratifikasinya dalam beberapa hari mendatang.

Sebelum kontrak diberikan kepada para anggota asosiasi untuk pemungutan suara, komite perundingan WGA harus terlebih dahulu melakukan pemungutan suara untuk mengirimkannya ke dewan WGA Barat dan WGA Timur untuk mendapatkan persetujuan.

Dewan harus menyetujui dokumen tersebut sebelum dikirim ke anggota yang lebih besar untuk pemungutan suara ratifikasi.

Ketika para penulis sudah mencapai kesepakatan dengan studio dan mengakhiri mogok kerja, asosiasi aktor atau SAG-AFTRA hingga kini masih melakukan mogok kerja sejak 75 hari lalu. Mereka menanti giliran ke meja perundingan dengan studio.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *