Biden Buat Janji Baru kepada Para Pemimpin Negara Kepulauan Pasifik

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan para pemimpin negara kepulauan Pasifik dalam pertemuan puncak kedua di Gedung Putih pada hari Senin kemarin, yang merupakan bagian dari ‘serangan pesona’ yang bertujuan melawan pengaruh Tiongkok di kawasan.

Sebelum menyambut para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Biden mengumumkan pengakuan diplomatik AS terhadap dua negara kepulauan Pasifik lainnya, Kepulauan Cook dan Niue.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua negara di meja ini untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Biden pada upacara penyambutan.

Biden berjanji bekerja sama dengan Kongres AS untuk menyediakan dana tambahan sebesar USD200 juta bagi wilayah tersebut untuk proyek-proyek yang bertujuan memitigasi dampak perubahan iklim, memacu pertumbuhan ekonomi, melawan penangkapan ikan ilegal dan meningkatkan kesehatan masyarakat, kata AS

“Program dan kegiatan baru ini terus menunjukkan komitmen AS untuk bekerja sama dengan Kepulauan Pasifik guna memperluas dan memperdalam kerja sama kami di tahun-tahun mendatang,” lanjut dokumen tersebut, mengutip dari laman rnz.co.nz, Selasa, 26 September 2023.

Pernyataan bersama mengatakan kedua pihak sepakat mengadakan pertemuan puncak lagi pada tahun 2025 dan pertemuan politik setiap dua tahun setelahnya.

Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown dan ketua Forum menyebut pertemuan puncak sebagai “kesempatan untuk mengembangkan kemitraan kita demi kemakmuran.”

Ia mendesak Washington “untuk secara aktif terlibat pada tingkat tertinggi” dalam pertemuan para pemimpin PIF ke-52 yang akan diselenggarakan dalam beberapa minggu mendatang untuk mendukung Strategi 2050 mereka.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : VOA Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *