Hari Kedua KTT ASEAN, Jokowi Pimpin Rangkaian Pertemuan ASEAN dengan Mitra

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Mengawali kegiatannya, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakatua, JCC.

Setelahnya, dia akan memimpin KTT ke-26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier China Li Qiang.

Secara berurutan, Jokowi juga akan memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Pada siang hari, Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cenderawasih 3 tersebut juga akan dihadiri oleh pemimpin negara China, Republik Korea, dan Jepang.

Di sela-sela pertemuan, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Selanjutnya, Jokowi dan para pemimpin negara akan mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cenderawasih 3, JCC.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ASEAN.

Ada Gala Dinner Delegasi KTT ASEAN Rabu Malam, Hindari Ruas Jalan Sekitar Senayan

Gala dinner atau jamuan makan malam para kepala negara dan tamu-tamu VVIP delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN akan berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta pada Rabu (6/8/2023) malam.

Lokasinya berada di dalam kawasan Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun melakukan sterilisasi di beberapa ruas jalan menuju ke lokasi sejak Rabu pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dilanjutkan kembali sampai pukul 22.00 WIB.

“Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke plataran akan disterilkan, mungkin sampai jam 22.00 WIB,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Selasa (5/9/2023).

Latif menerangkan, pihaknya melakukan sterilisasi di ruas Jalan mulai dari arah Semanggi sampai Bundaran Senayan. Skenario rekayasa arus lalu lintas telah disiapkan.

Latif menerangkan, kendaraan dari arah Jalan Gatot Subroto yang mau belok kiri masuk Sudirman-Thamrin dialihkan lewat slipi atau diluruskan. Begitu juga dari Sudirman-Thamrin yang mau masuk ke arah Semanggi akan dibelokkan masuk ke kuningan atau ke arah timur.

Sementara itu, kendaraan dari arah Slipi yang akan ke arah selatan diputarkan ke kiri, yaitu dari Semanggi ke arah utara.

“Jadi mulai 16.00 WIB sampai selesai acara gala dinner ke plataran, jalur ini steril,” ujar dia.

Latif meminta masyarakat turut mendukung kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Pemerintah daerah juga telah mengeluarkan kebijakan seperti menerapkan pembelajaran jarak jauh pada sejumah sekolah, hingga work from home atau (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN).

“Tentu ini kan kerja kita semuanya, atas nama negara kita juga, kebanggaan negara kita harus mendukung semuanya. Mereka ya berkorban untuk, bukan berkorban ya. Cuma muter aja, gak diberhentikan, silakan untuk mencari jalan sudah kita carikan,” ujar dia.

“Kami tentunya sangat minta maaf kepada masyarakat dengan adanya kegiatan ini, tapi bukannya kami mempersulit, kami juga ingin berpartisipasi untuk suksesnya dari pada acara KTT ASEAN yang ada di Jakarta ini,” ucap Latif menandaskan.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Antaranews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *