Thailand Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga Agustus

Thailand akan memperpanjang status darurat virus korona (covid-19) hingga akhir Agustus 2020. Keputusan ini diambil untuk mempertahankan momentum dalam meredam penyebaran virus tersebut.

Pengumuman disampaikan setelah Thailand mencatat nol transmisi lokal covid-19 dalam hampir dua bulan terakhir. Karena angka kasus yang relatif rendah, banyak warga Thailand mempertanyakan urgensi dari dekrit status darurat saat ini.

“Dekrit masih diperlukan karena kami sedang membuka negara ini untuk menjadi tempat pertemuan bisnis atau pariwisata demi merangsang perekonomian negara,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan Nasional Thailand, Somsak Roongsita, dilansir dari The Straits Times, Rabu, 22 Juli 2020.

Ia menambahkan, perpanjangan status darurat di Thailand ini merupakan rekomendasi dari jajaran dokter di seantero negeri, yang menilai kewaspadaan tetap perlu dijaga meski angka kasus covid-19 relatif rendah.

Keputusan perpanjangan status darurat muncul setelah adanya aksi protes menentang kebijakan pemerintah, terutama mengenai larangan berkumpul. Namun Somsak menuturkan, status darurat ini hanya akan digunakan untuk mencegah penyebaran virus, bukan untuk melarang aksi unjuk rasa.

Berdasarkan data John Hopkins University per hari ini, kasus infeksi covid-19 di Thailand tercatat sebanyak 3.261 kasus dengan 58 kematian.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *