Taylor Swift Rilis Film Konser The Eras Tour 13 Oktober

Taylor Swift mengumumkan akan merilis film dokumenter konsernya, The Eras Tour, di bioskop Amerika Utara mulai 13 Oktober 2023 mendatang.

Film yang digarap oleh Sam Wrench ini diduga berasal dari pertunjukan Swift di SoFi Stadium, Los Angeles, pada Agustus 2023. Kala itu, sejumlah kamera muncul di atas panggung utama.

“Tur Eras telah menjadi pengalaman paling bermakna dan menarik dalam hidup saya sejauh ini,” kata Swift dalam unggahan di media sosial sekaligus merilis trailer film ini.

“Saya sangat gembira untuk memberi tahu kalian bahwa tur ini akan segera hadir di layar lebar. Mulai 13 Oktober kalian dapat menonton film konsernya di bioskop-bioskop di Amerika Utara!” lanjutnya.

Pihak jaringan bioskop AMC selaku salah satu yang menayangkan film The Eras Tour mengaku mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan permintaan tiket dari para penggemar Swift.

“Sebagai antisipasi pengumuman ini, AMC telah meningkatkan mesin tiket dan situsnya untuk menangani lebih dari lima kali lipat arus lalu lintas pembelian tiket terbesar yang pernah dialami perusahaan ini,” kata AMC, seperti dirilis Variety.

“Namun AMC juga menyadari bahwa tidak ada sistem tiket dalam sejarah yang mampu mengakomodasi melonjaknya permintaan dari penggemar Taylor Swift saat tiket pertama kali dijual,” lanjutnya.

Rangkaian konser Taylor Swift, The Eras Tour, sebelumnya disebut bisa menghasilkan lebih dari US$2,2 miliar atau setara dengan Rp33,6 triliun (US$1=Rp15.310), hanya dari penjualan tiket di kawasan Amerika Utara semata.

Angka tersebut didasarkan pada survei yang dilakukan QuestionPro dan dirilis oleh CNN pada Kamis (17/8).

Perolehan pendapatan secara kotor tersebut berasal dari 53 konser di Amerika Serikat pada leg pertama dan tambahan 15 jadwal di Amerika Serikat dan Kanada pada leg kedua.

CNN menyebut jumlah estimasi tersebut merupakan imbas terbaru dari permintaan “luar biasa” untuk kategori hiburan dan pengalaman konser. Selain itu, angka itu disebut menjadi “kekuatan bintang Swift” dan pengaruhnya dalam ekonomi Amerika Serikat.

Menurut laporan itu, rata-rata harga tiket The Eras Tour di Amerika Utara adalah sebesar US$455,78 atau setara dengan Rp6,9 juta pada penjualan pertama atau presale.

Dengan jumlah konser di Amerika Utara mencapai 68 jadwal, maka The Eras Tour di kawasan tersebut menyentuh angka pendapatan US$2,2 miliar dan menjadi tur dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Pendapatan The Eras Tour tersebut melampaui capaian pemegang rekor sebelumnya, yakni Elton John dengan Farewell Yellow Brick yang mendapatkan US$887 juta dari 2018 hingga 2023.

“Kita berbicara tentang artis pop global yang menghadapi permintaan tiket yang hampir tak terbatas,” kata Larry Miller, direktur program bisnis musik dari New York University Steinhardt.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *