Gubernur BI Sebut Suku Bunga The Fed Bisa Sentuh 6 Persen Tahun Ini

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan suku bunga The Federal Reserves (The Fed) bisa menyentuh 6 persen tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk meredam tingkat inflasi Amerika Serikat (AS).

Perry mengungkapkan inflasi global masih tinggi. Bahkan, inflasi di AS saat ini masih di atas 4 persen dan hingga akhir 2024 diperkirakan masih di atas 2 persen. Hal tersebut membuat bank sentral AS akan menahan suku bunga acuan tinggi untuk lebih lama (higher for longer).

“Ini menyebabkan kemungkinan Fed Fund Rate (suku bunga acuan The Fed) kemungkinan bisa 5,75 persen tahun ini, bahkan juga bisa 6 persen dan kemungkinan juga masih akan tinggi sepanjang 2024,” ujar Perry dalam Rapat Banggar DPR di Gedung DPR seperti ditayangkan akun Youtube Banggar DPR RI, Selasa (29/8).

Kondisi itu memberikan tantangan di tengah pertumbuhan ekonomi global yang cenderung melambat, tingginya inflasi dan penguatan dolar AS.

“Dolar sangat kuat, tempo hari (indeks nilai tukar) pernah melemah 101 (poin), sekarang 103, bahkan kemarin 104, berarti dolar itu yang paling kuat di dunia dan kenapa kami harus mempertahankan stabilitas nilai tukar,” ujarnya.

Bank sentral memprediksi nilai tukar rupiah tahun ini berkisar Rp14.800-Rp15.200 per dolar AS. Namun, tahun depan, rupiah bisa menguat ke Rp14.600-Rp15.100 per dolar AS karena inflasi rendah, pertumbuhan ekonomi tinggi, kebijakan parkir devisa hasil ekspor dan imbal hasil surat utang yang menarik.

Lebih lanjut, Perry optimistis Indonesia masih bisa menjaga laju pertumbuhan ekonomi tahun ini tetap tinggi dibandingkan negara lain di kisaran 4,7 persen hingga 5,5 persen. Pendorong laju ekonomi utama adalah konsumsi.

“Kita harus menjaga bersama stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Komitmen kami bersama Kementerian Keuangan untuk menjaga ekonomi kita stabil dan pertumbuhan ekonomi kita tetap tinggi,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Katadata

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *