Ribuan Personel TNI-Polri Bersiap Amankan Kunker Jokowi ke Sulteng

Ribuan personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Jokowi dijadwalkan membuka Mahasabha ke-13 Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Tengah di Kampus Universitas Tadulako, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

“Apel kesiapan pengamanan untuk memastikan bahwa kita mampu menjamin keamanan Bapak Presiden RI dan rombongan selama berada di sini,” kata Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Legowo Jatmiko, saat apel pasukan pengamanan di Lapangan Yonif 711 Raksatama, Palu, Selasa, 29 Agustus 2023.

Ia mengatakan gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan satuan tugas pengamanan VVIP, baik personel, materil, maupun pendukung sarana lainny. Ini guna memastikan kunjungan kerja Jokowi berjalan dengan tertib, lancar, dan aman.

“Ingat, keselamatan Bapak Presiden RI adalah kehormatan dan harga diri bangsa Indonesia. Di mana beliau berada dan beraktivitas, kita harus dapat menjamin keamanan beliau beserta rombongan,” ucap Legowo.

Dia menegaskan agar seluruh personel memegang teguh disiplin dan prosedur agar tetap dalam ketentuan perundangan-undangan. Ia juga mengingatkan untuk menghindari tindakan yang tidak simpatik, arogan, dan sok kuasa yang sama sekali tidak mencerminkan perilaku seorang aparatur negara.

“Lakukan koordinasi dan komunikasi antar satuan dan lintas sektor sehingga apapun yang terjadi dapat kita hadapi dan selesaikan secara cepat, tuntas, dan tepat,” ucapnya.

Terakhir, dia menekankan agar personel gabungan mewaspadai dan memonitor daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu dan lintas sektoral.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Antaranews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *