Spanyol Dihantam Angin Kencang saat Badai Melanda Mediterania

Badai melanda Mediterania, Spanyol. Angin kencang pun menghantam wilayah Kepulauan Balearic yang merupakan tempat wisata.

Hantaman badai merangsek masuk termasuk ke Balearic yang merupakan tempat wisata, menyebabkan kerusakan serius dan gangguan penerbangan.

Hembusan angin berkecepatan hingga 120 kilometer per jam, hujan lebat dan hujan es melanda kepulauan Balearic serta Catalonia dan Valencia di daratan Spanyol. Semuanya berada di bawah peringatan berisiko tinggi oleh badan meteorologi nasional Aemet.

Pers Spanyol mengatakan, pemerintah setempat melaporkan beberapa orang terluka. Pohon-pohon tumbang dan jalan-jalan yang terendam banjir juga dilaporkan terjadi di wilayah tersebut.

“Angin mematahkan tambatan kapal pesiar sepanjang 330 meter yang ditempatkan di Palma, Pulau Mallorca, dan mendorongnya menabrak kapal tanker minyak yang tertambat, melukai enam orang,” kata otoritas pelabuhan Kepulauan Balearic, seperti dikutip Malay Mail, Senin 28 Agustus 2023.

Operator bandara Spanyol Aena mengatakan, 24 penerbangan dibatalkan dan 29 dialihkan ke dan dari pulau-pulau tersebut.

Aemet telah memperpanjang peringatan cuaca hingga Senin untuk sebagian kecil wilayah kepulauan dan Catalonia. Risiko tersebut diperkirakan akan berkurang pada Selasa 29 Agustus 2023.

Badai ini terjadi seiring dengan penurunan suhu, menyusul gelombang panas keempat di Spanyol pada musim panas ini yang berakhir pada Kamis.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *