Ma’ruf Kunker 8 Hari ke Timur Tengah, Temui MBZ hingga Hadiri COP 27

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertolak ke Timur Tengah untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja pada hari ini, Selasa (1/11).

Ma’ruf dijadwalkan menghadiri setumpuk agenda dalam kunjungan kerjanya selama delapan hari ke depan. Di antaranya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27 di Mesir hingga bertemu Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Ma’ruf lepas landas menggunakan pesawat Garuda Airbus 330 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Internasional Abu Dhabi pada hari ini sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada Rabu (2/11) esok, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Ma’ruf akan melakukan pertemuan dengan Presiden MBZ membahas sejumlah isu strategis di Istana Al Shatie Abu Dhabi.

Selanjutnya Wapres juga akan bertemu Presiden dan Sekretaris Jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP). Ia juga akan memberikan pidato pada Pertemuan Ke-9 ADFP.

“Acara di Abu Dhabi, Wapres akan menghadiri sebuah seminar internasional mengenai forum perdamaian. Itu dihadiri oleh berbagai negara dan yang menarik bahwa Wapres dalam acara itu akan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang penting bagi negara Indonesia yang sudah mampu mengelola hubungan baik antarumat beragama,” kata Masduki dalam keterangan resmi yang diterbitkan Setwapres, Selasa.

Pada Kamis (3/11), Ma’ruf dijadwalkan melakukan pertemuan dengan perwakilan Dubai Holding di Hotel Raffles. Selain itu, di lokasi yang sama rencananya Wapres juga akan bertemu perwakilan Lembaga Publisher Global Islamic Index.

“Akan dibicarakan itu adalah kemungkinan-kemungkinan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah kota Dubai. (Termasuk) hubungan dagang dan hubungan ekonomi akan diintensifkan, bank syariah ataupun yang lain, yang penting keduanya bisa saling menguntungkan,” ungkapnya.

Kemudian pada Jumat (4/11), Ma’ruf diagendakan meninjau Kantor Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dubai. Kemudian pada sore harinya bertolak ke Kairo, Mesir.

Pada hari kelima kunjungan atau Sabtu (5/11) Ma’ruf akan bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Pada kesempatan ini Wapres akan menyaksikan penyerahan 300 beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada perwakilan mahasiswa Indonesia yang tengah melaksanakan studi di Mesir.

Kemudian pada Minggu (6/11), Ma’ruf akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir. Usai peninjauan, Wapres dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Sharm El Sheikh untuk menghadiri rangkaian KTT Perubahan Iklim COP 27.

Kemudian pada Senin (7/11) sekitar pukul 12.15 waktu setempat Ma’ruf akan menghadiri pembukaan KTT COP 27 di Sharm El Sheikh International Convention Center.

Di KTT ini Ma’ruf akan menyampaikan Pidato (National Statement) pada High Level Segment hari pertama atau kedua (7 atau 8 November) sesuai urutan kepala negara/pemerintahan yang saat ini masih disusun panitia.

“KTT COP 27 adalah forum PBB tahunan. Forum itu berbicara mengenai perubahan-perubahan iklim di mana seluruh negara harus bersepakat untuk mencapai tingkat kebersihan iklim dari yang sekarang,” terang Masduki.

Pada hari kedelapan kunjungan, Selasa (8/11) Ma’ruf masih diagendakan kembali menghadiri High Level Segment KTT COP 27 hari kedua. Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Ia akan menyempatkan diri meninjau Paviliun Indonesia yang ada di Sharm El Sheikh International Convention Center.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *