Concrete Utopia Jadi Perwakilan Korea Selatan ke Oscar 2024

Dewan Perfilman Korea (KOFIC) resmi menunjuk Concrete Utopia sebagai perwakilan Korea untuk bersaing di Oscar 2024. Film itu akan diperjuangkan masuk nominasi Best International Feature Academy Awards ke-96.

Seperti diberitakan kantor berita Yonhap pada Jumat (18/8), para anggota Dewan Perfilman Korea membeberkan alasan memilih film yang dibintangi Lee Byung-hun, Park Seo-joon, dan Park Bo-young itu sebagai perwakilan Korea.

“Film tersebut menampilkan orang-orang biasa bersusah payah bertahan hidup dalam apartemen yang sesungguhnya jadi simbol dan representasi kekayaan di Korea, kata komite.

“Setelah kompleks rumah berpenghasilan rendah, Apartemen Hwang Goong tetap berdiri (dalam Concrete Utopia), beragam keinginan dari para karakter untuk berusaha hidup terlihat dengan baik,” beber komite, seperti diberitakan Sports Chosun via Naver.

Para komite juga memuji Lee Byung-hun yang menjadi pemeran utama film arahan sutradara Eom Tae-hwa tersebut. Mereka juga menyinggung permasalahan kelas sosial, seperti yang ditampilkan Parasite, pemenang Oscar 2020.

“Pada saat resesi global dan bencana alam terjadi di setiap bagian dunia, Concrete Utopia menampilkan orang biasa yang berjuang hidup, bukan pahlawan,”

“Cerita itu juga menyinggung tema kelas sosial seperti pemenang Oscar Parasite,” mereka menegaskan.

Concrete Utopia merupakan film hasil adaptasi lepas webtun hit Joyful Outcast (Pleasant Neighbors). Film thriller bencana itu mengisahkan kejadian yang dialami beberapa orang setelah gempa luar biasa.

Para penyintas berkumpul di Apartemen Hwang Goong, satu-satunya bangunan yang tersisa usai Seoul dilanda gempa. Dalam film itu, Lee Byung-hun akan berperan sebagai Young-tak, pimpinan sementara para penghuni Apartemen Hwang Goong.

Ia memiliki karakter tak kenal takut dan tegas. Ia bertekad melindungi Apartemen Hwang Goong dari orang luar tanpa memedulikan bahaya yang dihadapi.

Sementara itu, Park Seo-joon akan memerankan karakter Min-sung, pegawai negeri sipil pekerja keras, sekaligus suami setia yang menarik perhatian Young-tak. Ia dipercaya Young-tak untuk membantunya menghadapi krisis setelah gempa.

Sedangkan Park Bo-young berperan sebagai Myung-hwa, istri Min-sung. Ia merupakan mantan perawat yang tetap tenang dalam situasi menegangkan. Myung-hwa menggunakan keahlian dan pengalaman kerjanya merawat orang yang terluka setelah gempa.

Concrete Utopia sudah mengumpulkan lebih dari 2,2 juta penonton sejak tayang 9 Agustus di Korea Selatan. Film itu dijadwalkan tayang di Indonesia 23 Agustus.

Sementara itu, Oscar mendatang dijadwalkan berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles 10 Maret 2024

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *