Pesawat Super Hercules Ketiga Bakal Diserahkan ke TNI AU Besok

Pesawat C-130J-30 Super Hercules yang dibeli Kementerian Pertahanan (Kemhan) tiba di tanah air. Pesawat dengan tail number A-1343 ini rencananya akan diserahkan kepada TNI AU pada Selasa (15/8).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Agung Sasongkojati mengatakan kedatangan pesawat ini setelah melakukan ferry flight lebih dari 33 jam penerbangan (7 hari) dengan rute Marietta-San Diego-Honolulu-Kwajalein-Agana (Guam)-Jakarta.

Pesawat tiba pada Rabu (9/8) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Direncanakan pesawat ketiga A-1343 akan diserahkan secara resmi oleh Kementerian Pertahanan RI kepada TNI AU pada Selasa (15/8),” kata Agung dalam keterangannya, Senin (14/8).

Water salute (semburan air penghormatan) kepada pesawat dan pengalungan selempang kepada para kru A-1340, mengiringi kedatangan pesawat yang dipesan dari pabrik Lockheed Martin di Marietta, Georgia Amerika Serikat itu.

Dua pesawat sebelumnya dengan tail number A-1339 dan A-1340 telah tiba pada Maret dan Juli lalu. Penomoran loncat ke A-1343 karena nomor sebelumnya sudah digunakan pesawat Hercules TNI-AU lain.

Agung menjelaskan pesawat keempat dan kelima akan tiba pada Oktober 2023 dan Januari 2024 mendatang.

Kelima pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI AU itu nantinya akan dioperasionalkan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Kelima pesawat akan melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara, baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Agung.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *