Oman Jadi Tuan Rumah Forum Arab untuk Lingkungan Hidup 2023

Kesultanan Oman akan menjadi tuan rumah Forum Arab untuk Lingkungan Hidup (AFEN) ke-2 pada 24 dan 25 Oktober 2023, dengan tema “Bersama kita Menghadapi Tantangan Iklim untuk Memastikan Ketahanan Air dan Pangan.”

Forum ini diselenggarakan bersama dengan Liga Arab, Program Lingkungan PBB (UNEP) dengan kantor Asia Barat, dan Badan Lingkungan Hidup Oman.

Dilansir dari laman The Peninsula, Minggu, 13 Agustus 2023, AFEN 2023 bertujuan menawarkan platform dialog antara berbagai mitra, termasuk pembuat kebijakan, pakar internasional dan regional di bidang lingkungan hidup, perubahan iklim, dan ekonomi hijau.

Tujuan utama forum ini adalah menawarkan platform bertukar informasi dan keahlian di bidang lingkungan terkait, mengidentifikasi kemungkinan kerja sama antara pemain kunci, dan membangun dialog regional untuk membahas keadaan saat ini dan prospek aksi lingkungan di kawasan Arab.

Para peserta AFEN akan mencakup menteri, perwakilan tingkat tinggi dari sektor publik dan swasta, masyarakat sipil, perwakilan organisasi regional, organisasi regional dan nasional, peserta dari PBB dan pakar yang peduli dengan pekerjaan lingkungan hidup.

Kerja sama dalam bidang perubahan iklim sangat penting untuk memajukan aksi iklim di kawasan Arab. Strategi regional menciptakan pendekatan bersama untuk membina kerja sama dalam isu-isu terkait iklim strategis. Ini termasuk pendekatan regional untuk mengatasi perubahan iklim di ketiga Konvensi Rio yang berfokus pada krisis global perubahan iklim yang saling terkait, hilangnya keanekaragaman hayati, dan penggurunan.

Hal ini dapat didukung lebih lanjut melalui kerja sama dalam inisiatif regional, produk pengetahuan bersama, peningkatan kapasitas, dan pertukaran pengalaman untuk aksi iklim yang efektif.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Metro TV

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *