Kebakaran Hutan AS Kian Mengancam, Kanada Perintahkan Evakuasi Massa

Perintah evakuasi untuk kota Osoyoos di Kanada dan distrik sekitarnya di provinsi British Columbia telah dikeluarkan pada Sabtu malam setelah kebakaran hutan yang tidak terkendali telah merembet dari negara bagian Washington di Amerika Serikat (AS).

Kebakaran hutan ini, yang dinamakan Eagle Bluff, berjarak sekitar 4 kilometer dari Osoyoos.

Saat ini, diperkirakan bahwa kebakaran tersebut berkobar di area seluas 885 hektare di sisi perbatasan Kanada, menurut British Columbia Wildfire Service. Sementara di sisi perbatasan AS, luasnya berkisar 2.000 hektare.

Osoyoss memiliki populasi sekitar 6.700 jiwa, menurut website pembangunan ekonomi Osoyoss.

“Ada personel kru Initial Attack, beberapa sumber daya tunggal, dua helikopter, personel perlindungan struktur, dan alat berat yang merespons insiden tersebut,” kata British Columbia Wildfire Service, seperti dikutip dari laman Malay Mail, Senin, 31 Juli 2023.

Perintah evakuasi mencakup wilayah utara perbatasan Kanada-Amerika Serikat hingga persimpangan Highway 97 dan Highway 3, serta barat dan utara sepanjang Highway 3.

Petugas informasi distrik Okanagan-Similkameen, Erick Thompson, mengatakan dalam konferensi pers kemarin sore bahwa tidak banyak yang berubah terkait situasi kebakaran hutan yang merembet dari AS. Ia menyebut bahwa pihaknya sedang berfokus pada sumber daya pemadaman di sisi timur kobaran api.

“Sebanyak 732 properti berada di bawah perintah evakuasi, dan 2.094 berada di bawah peringatan evakuasi. Seratus tiga puluh dua orang telah mencari bantuan darurat,” ucap Thompson.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *