Fenomena Heat Dome di Texas, Suhu Panas Capai 43 Derajat Celsius

Sejumlah wilayah barat Texas, Amerika Serikat, dilanda heat dome alias “kubah panas” hingga suhu udara menembus rekor tertinggi yakni 43 derajat celsius pada Senin (26/6).

Kepala bagian ramalan cuaca di National Weather Service, Bob Oravec, mengatakan suhu terik memang sedang menghantam wilayah Texas hingga membebani tagihan listrik negara bagian tersebut.

Suhu panas yang mencapai rekor ini bahkan diperkirakan meluas ke bagian lain Amerika Serikat pekan mendatang.

“Ke depan, panas itu akan meluas. Ke utara ke Kansas City dan seluruh negara bagian Oklahoma, ke Lembah Mississippi, ke ujung barat Florida Panhandle dan bagian barat Alabama,” kata Oravec, seperti dikutip Associated Press, Senin (26/6).

Heat dome sendiri merupakan istilah untuk kondisi ketika terjadi tekanan tinggi stasioner dengan udara hangat yang bergabung dengan udara yang lebih hangat dari biasanya di Teluk Meksiko.

Istilah ini merujuk pada saat panas matahari hampir tepat di atas kepala, demikian menurut Ahli Iklim Negara Bagian Texas John Nielsen-Gammon.

“Pada saat kita memasuki pertengahan musim panas, sulit untuk mendapatkan udara panas yang menyengat,” kata Nielsen-Gammon.

“Jika itu terjadi, ini adalah waktu tahun itu (heat dome) akan terjadi.”

Nielsen-Gammon mengatakan Juli dan Agustus tak banyak sinar matahari karena matahari mundur dari titik balik matahari musim panas yakni pada Rabu lalu.

Menurutnya, gelombang panas kali ini “sedikit tidak biasa” karena April dan Mei di Texas cukup basah, di mana biasanya kelembapan berfungsi sebagai penyejuk udara.

“Tapi udara di atas sangat panas sehingga tidak mampu mencegah terjadinya gelombang panas dan faktanya sedikit menambah kelembapan,” ungkap Gammon

Sistem Informasi Kesehatan Panas Terpadu Nasional (NIHHIS) melaporkan lebih dari 46 juta orang dari Texas barat dan tenggara New Mexico ke Florida Panhandle barat saat ini berada di bawah peringatan panas.

Menurut data Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, suhu tinggi harian rata-rata di Texas telah meningkat 2,4 derajat sampai 0,8 derajat per dekade sejak 1993.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Ragam Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *