Jokowi: Kunjungan Kaisar Naruhito Dapat Memperkuat Hubungan Warga Indonesia-Jepang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kunjungan kenegaraan yang dilakukan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Indonesia. Terlebih, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Kaisar Naruhito pasca naik tahta pada 2019 lalu.

Jokowi pun berharap kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako ke Indonesia dapat memperkuat persahabatan masyarakat kedua negara. Menurut dia, hal ini diperlukan untuk pengembangan kemitraan strategis Indonesia-Jepang.

“Kunjungan Sri Baginda Kaisar bersama Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita,” kata Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/2023).

“Pondasi kokoh seperti ini diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis dua negara kita ke depannya, terutama di bidang ekonomi,” sambungnya.

Dia menekankan pentingnya persahabatan masyarakat kedua negara untuk terus disemai. Hal ini mengingat dunia yang saat ini sedang mengalami berbagai tantangan.

“Semoga kunjungan Sri Baginda dan Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia membawa kesan yang baik bagi persahabatan kita Indonesia dan Jepang,” tutur Jokowi.

“Dan semoga kebahagiaan dan kemakmuran selalu menyertai Sri Baginda Kaisar dan Sri Baginda Permaisuri, keluarga kekaisaran dan masyarakat Jepang. Sekali lagi terima kasih atas kunjungan ke Indonesia,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/023). Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai kaisar pada 2019.

Jokowi Ajak Kaisar Jepang Naruhito ke Griya Anggrek

Jokowi mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menuju Griya Anggrek Istana Kepresidenan Bogor, dengan menaiki mobil buggy. Disana kedua pemimpin dan pendamping, akan melihat koleksi anggrek yang dimiliki Kebun Raya Bogor.

Jokowi tampak menyupiri Kaisar Naruhito dan para pendamping, sambil berbincang akrab di perjalanan menuju Griya Anggrek. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sangat serius mendengar penjelasan soal koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Bogor.

Sebagai informasi, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kaisar Jepang Naruhito bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, sekira pukul 16.20 WIB.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, utamanya adalah bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Juni 2023. Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada bulan Juli 2022.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucapnya dikutip dari presidenri.go.id, Minggu (18/6/2023).

 

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *