Wapres Tegaskan Komitmen Indonesia Mendukung Perdamaian Dunia

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan komitmen Indonesia mendukung perdamaian dunia. Seluruh pihak, termasuk tokoh agama, diajak berkontribusi.

“Indonesia terus mendorong diplomasi Islam rahmatan lil alamin bagi dunia internasional,” kata Ma’ruf dalam Konferensi Internasional tentang agama, perdamaian, dan peradaban di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, Senin, 22 Mei 2023.

Ma’ruf mengatakan hak itu tak lepas dari posisi Indonesia dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. Kerukunan harus dijaga tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah internasional.

“Karena itu yang menjaga kita dari paham menyimpang, menyeleneh, dan keras,” jelas dia.

Wapres menyebut hal itu sejalan dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Salah satu poinnya ialah ikut serta mewujudkan perdamaian dunia.

“Indonesia turut mendorong penyelesaian beberapa konflik negara dan aktif mengirim (personel untuk) misi kemanusiaan,” ucap dia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah pemangku kepentingan menggelar Konferensi Internasional tentang agama, perdamaian, dan peradaban. Acara itu diharapkan mampu mendorong keberagamaan.

Konferensi dihadiri kurang lebih 300 peserta dari dalam dan luar negeri. Forum itu hendak mengkaji model-model keberagamaan transformatif, dimensi peradaban dalam agama, dan strategi membangun perdamaian dunia berbasis agama.

Konferensi tersebut bakal menghadirkan serial diskusi yang terdiri dari tiga sesi pleno dan tiga sesi paralel. Setelah seluruh sesi berakhir, konferensi itu akan menghasilkan ‘Deklarasi Jakarta’.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Antara News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *