DPR Gelar Paripurna Buka Masa Sidang, 76 Anggota Hadir Fisik

DPR menggelar rapat paripurna pembukaan Masa Sidang V Tahun Sidang 2022-2023 pada Selasa (16/5). Sidang hari ini dihadiri 391 anggota Dewan, tetapi hanya 76 orang yang hadir secara fisik.

Sementara sebanyak 280 anggota hadir secara daring dan 35 orang izin. Sisanya tidak hadir dan tanpa keterangan.

Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Lodewijk Paulus, dan Rahmat Gobel pun hadir.

“Menurut catatan dari Sekjen DPR, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna hari ini telah ditandatangani oleh hadir fisik 76 orang, hadir virtual 280, izin 35,” kata Puan.

Selanjutnya Puan membacakan pidato pembukaan masa persidangan. Dalam pidatonya, Puan mengatakan DPR akan memprioritaskan untuk merampungkan sembilan rancangan undang-undang yang tengah dibahas.

“DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI akan memprioritaskan pembahasan sembilan RUU yang saat ini masih dalam pembicaraan tingkat satu,” kata Puan.

Sembilan RUU yang dibahas antara lain RUU tentang Desain Industri; RUU tentang Kesehatan; RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; RUU tentang Hukum Acara Perdata; RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika; RUU tentang Perubahan Keempat atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

Kemudian RUU tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan; RUU tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak; dan RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *