Targetkan 2 Bulan Selesai, Jokowi Minta Semua Pemangku Kepentingan Sukseskan Sensus Pertanian

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta semua pemangku kepentingan di sektor pertanian untuk mendukung pelaksaan Sensus Pertanian Tahun 2023. Adapun sensus ini akan dilakukan pada 1 Juni sampai 30 Juli 2023.

“Sekali lagi, saya mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023 dan saya minta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian mensukseskan sensus ini,” jelas Jokowi saat Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara Jakarta, Senin (15/5/2023).

“Nanti dilaksanakan dari 1 Juni sampai 30 Juli. Artinya, 2 bulan selesai,” sambungnya.

Dia mengatakan pelaksanaan sensus tersebut sangat penting untuk mendapatkan data yang akurat dan berkualitas di sektor pertanian. Data ini pulalah yang nanti dipakai untuk memutuskan sebuah kebijakan.

“Sekali lagi, saya mendukung pelaksanaan sensus pertanian tahun 2023 ini agar sensus ini betul-betul menghasilkan data yang terkini akurat,” ujarnya.

Jokowi mengungkapkan sensus kali pertama dilakukan dalam 10 tahun terakhir. Padahal, kata dia, idealnya Sensus Pertanian dilakukan setiap lima tahun sekali.

“Menurut saya juga kelamaan sudah berjalan berubah setiap tahun keputusannya masih pakai data 10 tahun yang lalu. Mestinya ini setiap 5 tahun, biayanya juga nggak banyak mungkin 3 triliunan tapi penting,” kata Jokowi.

Sensus Pertanian

“Bagaimana saya bisa memutuskan sebuah kebijakan kalau datanya tidak akurat dan paling terupdate, terkini,” imbuh dia.

Adapun Sensus Pertanian akan melibatkan Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Badan Pusat Statistik. Sensus ini menyangkut pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

“Saya mendukung sekali pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023 ini,” ucap Jokowi.

 

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *